Rabu, 1 Mei 2013 13:40:45 WIB

Barcelona Vs Muenchen, Buktikan Gaya Dua Negara Terbaik

barca-vs-munchen

BARCELONA (Pos Kota) – Terlepas dari hasil Real Madrid kontra Borussia Dortmund dinihari tadi, pertaruhan ‘hidup-mati’ kembali tersaji saat Barcelona menjamu Bayern Muenchen pada leg kedua babak semifinal Liga Champions, Kamis (2/5) dinihari nanti. Laga ini akan menentukan nasib kedua tim dalam usaha menuju puncak, sekaligus menjadi akhir pembuktian gaya sepak bola dua negara terbaik di benua Eropa saat ini.

Jika ditanya mengenai kompetisi atau klub mana yang masuk kategori terbaik, mungkin banyak kalangan akan menjawab Liga Primer Inggris atau La Liga Spanyol. Namun jawaban tersebut bisa jadi sudah tidak realistis. Pasalnya, tim-tim dari Bundesliga Jerman, yakni Dortmund dan Muenchen sudah layak memposisikan diri mereka untuk bersanding dengan wakil-wakil La Liga (Madrid dan Barcelona) sebagai tim terbaik di benua Eropa saat ini.

Sama halnya seperti laga Madrid versus Dortmund, laga Barcelona kontra Muenchen, juga jadi akhir pembuktian gaya sepak bola terbaik dua negara di benua Eropa. Tim-tim dari Jerman, seperti Muenchen punya gaya menyerang mematikan, meski Barcelona memiliki identitas tersendiri mengenai gaya sepak bola yang mereka miliki. Sayangnya, tiki taka ala Barcelona yang sempat membius sejumlah pasang mata pencinta sepak bola Eropa, kini sudah mulai dibaca dengan mudah.

Ketergantungan terhadap Lionel Messi seolah menjadi ‘virus’ yang sulit diatasi rakasasa Catalan itu dalam beberapa musim terakhir. Dengan kata lain, harus ada solusi untuk meredam gaya menyerang sporadis yang diperlihatkan Muenchen pada laga nanti. Mengenai hal itu, Messi mengatakan, “Ini akan sulit untuk membalas, tetapi kami akan berusaha untuk mencetak gol-gol yang dibutuhkan di Camp Nou. Kami harus bangkit, menyelesaikan La Liga dan berusaha membalas Muenchen,” ucapnya.

Untuk bisa membalikkan keadaan pasca takluk 0-4 pada leg pertama di Allianz Arena, tengah pekan lalu, memang seolah butuh keajaiban bagi Messi dan kawan-kawan. El Barca wajib meraih kemenangan, minimal degan skor yang sama atau lebih untuk bisa melaju ke partai puncak. Di sisi lain, anak-anak asuh Jupp Heynckes tentu akan mewaspadai kebangkitan Messi dkk pada laga nanti. Ia bahkan berani mebayar mahal demi usaha menurunkan kekeuatan terbaik Muenchen pada laga nanti.

Heynckes rela menurunkan lima pemain yang terancam absen di partai final jika kembali menerima kartu kuning di Camp Nou, seperti Bastian Schweinsteiger, Javi Martinez, Dante, Luiz Gustavo, dan Philipp Lahm. Sementara Mario Gomez kemungkinan bakal disimpan dan mempercayakan Mario Mandzukic sebagai ujung tombak. Heynckes tampaknya tidak ingin Gomez absen jika berhasil melangkah ke partai final setelah mengantongi satu kartu kuning, sama seperti lima pemain lainnya.

(junius/sir)

Barcelona v Bayern Muenchen
Kamis (2/5), 01:45 WIB
Camp Nou

REKOR PERTEMUAN:
24-04-13, Muenchen v Barcelona 4-0
28-07-11, Muenchen v Barcelona 0-2
15-04-09, Muenchen v Barcelona 1-1
09-04-09, Barcelona v Muenchen 4-0

PRAKIRAAN PEMAIN:
Barcelona (4-3-3): Valdés (g); Alves, Piqué, Abidal, Correia; Xavi, Busquets, Iniesta; Pedro, Messi, Sánchez.
Muenchen (4-2-3-1): Neuer (g); Lahm, Boateng, Dante, Alaba; Martínez, Schweinsteiger; Robben, Mueller, Ribéry; Mandžukić.

Baca Juga

© "Poskota", "Poskota Online" adalah merk dagang milik PT. Media Antarkota Jaya. Poskota diterbitkan oleh PT.Media Antarkota Jaya sejak 15 April 1970 di Jakarta. Izin Usaha: SIUPP No. 0088/SK/Menpen/SIUPP A/7 1986 13 Maret 1986.