Jumat, 3 Mei 2013 07:10:57 WIB

Tiga Cagub Jateng Sepakat Tidak Ajukan Gugatan ke MK

bibitoon35

SEMARANG ( Pos Kota ) – Pemilihan Gubernur( Pilgub Jateng)akan memasuki masa kampanye yang dijadwalkan 8-22 Mei 2013 .Ketiga cagub menyatakan tidak akan menggugat hasil Pilgub Jateng ke Mahkamah Konstitusi( MK ).

Syaratnya, semua tim sukses menjalankan kampanye secara santun, tanpa politik uang dan tanpa kecurangan. Calon incumbent Bibit Waluyo mengatakan, dirinya akan menerima apapun hasil Pilgub, meski kalah tipis sekalipun.

“Saya tergantung KPU saja, terima saja. Tidak usah ke Mahkamah Konstitusi segala,”kata Bibit waluyo .Hal senada juga dilontarkan Cagub dari PDIP, Ganjar Pranowo. Menurutnya, pengalaman di pemilihan kepala daerah lain, banyak yang berujung sengketa di MK. Hal itu dikarenakan, pihak yang kalah merasa dicurangi.

Pada beberapa Pilkada, kecurangan itu memang nyata terjadi dan menjadikan hasil pemilihan tidak sah atau harus diulang.”Tapi jika Pilgub Jateng berjalan fair, meski beda tipis, siapapun harus menerima hasilnya,” jelas calon nomor urut tiga itu.

Calon nomor urut satu, Hadi Prabowo pun demikian. Menurutnya, tidak ada yang harus dipersoalkan jika Pilgub berjalan tertib dan damai.”Kami sudah beri arahan pada kader agar semua berjalan kondusif. Kami mau menang tanpa ngasorake,” tukasnya.

Mengenai kekhawatiran pada politik uang, Bibit mengatakan dirinya tidak akan melakukannya. Sebab ia sudah berkampanye selama lima tahun sebagai gubernur. Lagipula, politik uang untuk ajang sekelas Pilgub menurutnya tidak mungkin.

“Saya sudah kampanye lima tahun, mau apa lagi? Aku yo ora nduwe duit, mau memberi uang rakyat di 35 kabupaten itu duite sopo. Butuh duit sak truk itu,” katanya.

Menurut Ganjar, dana kampanye dari rekening pribadi atau tim sukses mudah dipantau. Tapi regulasi belum bisa menjangkau uang yang beredar di sekitar relawan atau simpatisan calon yang bersifat non struktural. Kondisi diperparah dengan pragmatisme masyarakat.

“Ada warga yang terang-terangan pasang spanduk ‘Di Sini Terima Serangan Fajar’. Kita harus bisa edukasi rakyat, agar Pilgub berjalan bermartabat . ( Suatmadji )

Teks : Tiga kandidat Gubernur Jateng saat undian nomor urut di KPU

Baca Juga

© "Poskota", "Poskota Online" adalah merk dagang milik PT. Media Antarkota Jaya. Poskota diterbitkan oleh PT.Media Antarkota Jaya sejak 15 April 1970 di Jakarta. Izin Usaha: SIUPP No. 0088/SK/Menpen/SIUPP A/7 1986 13 Maret 1986.