Sabtu, 4 Mei 2013 16:13:23 WIB

25 Buruh Selama 3 Bulan Disekap Dan Disiksa

korban

TANGERANG (Pos Kota) – Selama tiga bulan 25 buruh pabrik kuali disekap dan disiksa majikannya di Kampung Bayur Opak RT 03/06, Desa Lebak Wangi, Kec. Sepatan Timur, Tangerang. Seperti budak belian, puluhan pekerja yang berasal dari beberapa daerah dipaksa bekerja tanpa digaji.

Aparat Polresta Tangerang bersama Komnas HAM dan Kontras, menggerebek pabrik itu pada Jumat (3/5) sore. Polisi membebeaskan 25 buruh dan mengamankan 5 mandor. Pemilik pabrik, Yuki Irawan, 36, juga diamankan. Saat dibebaskan polisi, puluhan buruh tersebut berpakaian lusuh seperti tidak pernah ganti baju.

Sabtu (4/5) siang petugas menggelar rekonstruksi dipimpin  Kasat Reskrim Polres Tangerang Kompol Shinto Silitonga. Dari 83 adegan yang direka ulang terungkap, para pekerja kerap disiksa. “Mereka dipukul, ditampar, disundut rokok dan ada yang disiram air panas,” kata Shinto.

Para pekerja dijanjikan upah Rp600 ribu perbulan, tapi selama tiga bulan bekerja gaji tersebut tidak pernah diberikan. HP mereka juga disita sehingga tak bisa menghubungi keluarganya. Kasus ini terungkap setelah salah satu buruh dari Lampung berhasil melarikan dan pulang ke kampungnya.

Korban mengadu kepada keluarganya, selanjutnya melapor ke Polda Lampung. Aparat Polda Lampung langsung menghubungi Polresta Tangerang hingga akhirnya dilakukan penggerebekan. Polisi menetapkan pemilik pabrik, Yuki Irawan dan istrinya, serta tiga mandornya masing-masing Sudirman, 34, Nurdin, 25, menjadi tersangka. (maryoto/ird)

 

Baca Juga

© "Poskota", "Poskota Online" adalah merk dagang milik PT. Media Antarkota Jaya. Poskota diterbitkan oleh PT.Media Antarkota Jaya sejak 15 April 1970 di Jakarta. Izin Usaha: SIUPP No. 0088/SK/Menpen/SIUPP A/7 1986 13 Maret 1986.