Wednesday, 21 November 2018

Ratusan Warga Keracunan Makanan

Minggu, 5 Mei 2013 — 14:40 WIB
infus

SUKABUMI (Pos Kota) – Ratusan warga Kampung Cicewol,  Desa Mekarsari, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat keracunan massal. Mereka tumbang usai menyantap makanan di sebuah hajatan warga. Kendati tak memakan korban, sebagian warga terpaksa  dibawa ke puskesmas dan rumah sakit karena kondisinya yang lemas.

Peristiwa keracunan makanan berawal ketika mereka menyantap di hajatan warga pada Jumat (3/5).  Awalnya, mereka tidak merasakan apa-apa. Lalu, keesokan harinya secara hampir bersamaan mereka  mengeluh mual, pusing, kejang, muntah bahkan sampai ada yang pingsan.

Dari data dinas kesehatan (dinkes) mencatat saat ini jumlah korban menjadi 188 orang. Dari jumlah itu,  49 orang harus dirujuk ke rumah sakit karena kondisinya kritis atau sangat lemah yang disebabkan terlalu banyak kehilangan cairan tubuh.

“Mereka yang dirujuk sudah mendapatkan penanganan medis seperti diinfus dan diberikan obat penghilangan mual,” kata Kepala Seksi Pengamatan dan Pencegahan Penyakit, Dinkes Kabupaten Sukabumi, Sri Yasti, Minggu (5/5).

Untuk mengantisipasi jumlah warga keracunan bertambah, dinkes  membuka posko kesehatan dan telah  menyatakan kejadian luar biasa pada kasus keracunan ini. Menurut Sri, dugaan awal  makanan yang menyebabkan keracunan kadaluarsa atau tidak higienis.

Dokter Puskesmas Mekarsari, Didin menyebutkan  kondisi warga yang telah  mendapatkan pengobatan atau penanganan medis kondisinya sudah membaik. Kendati begitu, pihaknya masih siaga karena khawatir warga khawatir gejala keracunan timbul kembali.

(sule/sir)