Pemilik Pabrik Kuali Didakwa Dengan Enam Pasal

Kamis, 9 Mei 2013
polres

TANGERANG (Pos Kota) -Polresta Tangerang menggelar perkara kasus penyekapan dan penganiayaan buruh pabrik kuali di kampung Bayur Ropak,Desa Lebakwangi,Kecamatan Sepatan,kabupaten Tangerang, Kamis(9/5).

Kasatreskrim Kompol Shilitonga, SIK mengatakan dalam gelar perkara yang diiukuti perwira pengawas dan kasi menyepakati tersangka Yuki CS pemilik pabrik kuali dikenakan 6 pasal berlapis.

Menurut Shinto, awalnya hanya dikenakan dua pasal yakni pasal 333 dan 351 KUHP tentang penyekabpan dan penganiayaan.Tapi setelah perkaranya digelar di Mapolresta Tangerang, pasal pelanggarannnya ditambah 4 lagi.

Keempat pasal tambahan itu pasal 24 UU No.5 tahun 1984 tentang perindustrian dengan fakta usaha industri yang dijalankan tak dilengkap dengan tanda daftar industri(TDI)

Pasal 88 UU No23 tahun 2002 tentang perlindungan anak dengan fakta tersangka memperkejakan 4 anak di bawah umur Pasal 2 UU No21 tahun 2007 tentang tindak pidana perdagangan orang dengan fakta buruh direkrut dengan penipuan dan dipekerjakan dengan ancaman kekerasan fisik untuk dieksploitasi secara ekonomi.

Pasal 372 KUHP tentang penggelapan dengan fakta barang milik buruh HP, dompet dan uang dikuasai tersangka dan gajinya tak dibayar.

Menurut Shinto, untuk tindak pidana ketenagakerjaan penyidikannya dilakukan oleh penyidik pegawai negeri sipil (PPNS) dari Dinas Tenaga kerja. “Kami sudah mengirimkan SPDP(surat pemberitahuan dimulainya penyidikan) ke Kejaksaan Negeri Tigaraksa,”tegas Shinto.(maryoto)

Tentang Kami

Poskota

Poskota, Poskotanews, Poskota Online adalah merk dagang milik PT. Media Antarkota Jaya. Poskota diterbitkan oleh PT. Media Antarkota Jaya sejak 15 April 1970 di Jakarta. Izin Usaha: SIUPP No. 0088/SK/Menpen/SIUPP A/7 1986 13 Maret 1986.