Wednesday, 24 April 2019

Dihantam Debit Air, Sungai Cimanuk Tinggi Tangul Terkikis

Jumat, 10 Mei 2013 — 17:33 WIB
Sungai Cimanuk2

INDRAMAYU (Pos Kota) – Dihantam debit air Sungai Cimanuk yang  naik beberapa waktu lalu membuat sejumlah titik tanggul Sungai Cimanuk terkikis sehingga cukup membahayakan keselamatan warga.

Diantara titik tanggul  yang terkikis debit tinggi air Sungai Cimanuk yang  itu yakni di dekat penampang Bendung Karet Bangkir di Desa Rambatan Kulon, Kecamatan Lohbener.

Di lokasi itu tanggul Sungai Cimanuk yang panjangnya sekitar  30 meter dan tinggi sekitar 9 ambrol atau terkikis. Kondisinya diniilai cukup memprihatinkan. Bisa membahayakan.

Debit air yang tinggi serta arus air sungai yang deras juga mengikis tanggul Sungai Cimanuk di bawah pondasi Jembatan Bangkir serta di Desa Jatibarang.

Warto, 45 warga Indramayu menyayangkan instansi terkait Balai Besar Wilayah Sungai Cimanuk di Cirebon tak cepat tanggap mengatasi kerusakan tanggul.

Jika tak segera diatasi, bukan tidak mungkin  pada saatnya tanggul Sungai Cimanuk itu jebol sehingga banjir mengancam setiap saat.

Warga berharap, BBWS maupun PSDA Tamben Indramayu segera menyusun rencana meperbaiki kerusakan tanggul sebelum kondisinya membahayakan keselamatan warga. (taryani/d).