Saturday, 20 January 2018

Nazarudin Dipindahkan ke Sukamiskin

Jumat, 10 Mei 2013 — 15:48 WIB
udin

JAKARTA (Pos Kota) – Seperti terpidana korupsi lainnya, mantan Bendahara DPP Demokrat M Nazaruddin, akhirnya dipindahkan, Rabu malam dari Lapas Cipinang ke Lapas Sukamiskin, Bandung.. Hal ini merupakan bagian dari upaya penertiban para narapidana yang kerap keluar-masuk lapas.

“Nazae telah kami pindahkan sejak Rabu Malam (dari Lapas Cipinang) ke Lapas Sukamiskin,” kata Wamenkumham Denny Indrayana melalui akun twitter @dennyindrayana, Kamis.
Pemindahan ini terkait dengan kebijakan Kemeterian Hukum dan HAM, yang menetapkan Lapas (Lembaga Pemasyarakatan) Sukamiskin sebagai tempat pemidanaan koruptor.

Dalam akun twitternya, mantan Sekretaris Satgas Pemberantasan Mafia Hukum mengemukakan, dirinya sebelumnya telah meminta izin kepada Ketua KPK Abraham Samad, guna memindahkan Nazaruddin ke Rutan KPK di Kompleks Pomdam Jaya, Guntur, Jakarta Selatan.
Sampai waktu yang diharapkan, tidak ada jawaban. Hingga, akhirnya, Denny memutuskan memindahkannya ke Sukamiskin.
Kepala Kanwil Hukum dan HAM Jawa Barat I Wayan Dusak melalui pesan singkatnya kepada wartawan, membenarkan Nazaruddin sudah dipindahkan sejak tadi malam (Rabu malam). Namun dia belum dapat menjelaskan sel tempat pemidanaan terpidana perkara Wisma Atlet Jakabaring, Palembang.

Nazaruddin sempat membuat berita, setelah aksi pelariannya dan tertangkap di Cartagena, Kolumbia. Kali ini, dia meminta dirawat di RS. Abdi Waluyo, sejak 11 April sampai 20 April terkait sakit empedu.
Tak urung, kebijakan Kalapas Cipinang Syaipul Sahri dinilaoi tidak tepat oleh Menkumham Amir Syamsuddin dan akhirnya mencopotnya dari jabatannya, 22 April.

(ahi/sir)