Thursday, 20 September 2018

Alokasi Bea Siswa Capai Rp 2,5 Miliar

Minggu, 12 Mei 2013 — 19:39 WIB
ilustrasi

ilustrasi

SUKABUMI (Pos Kota)  – Besaran alokasi dana bea siswa untuk siswa kurang mampu dan berprestasi di Kota Sukabumi, Jawa Barat cukup besar.

Tahun ini, besaran nominal bea siswa mencapai Rp 2,5 miliar yang bersumber dari ABPD setempat.

Dana bea siswa tersebut diperuntukan untuk enam ribu pelajar. Program bea siswa ini untuk menuntaskan wajib belajar pendidikan dasar (wajardikdas) 12 tahun.

Kepala Dinas Pendidikan  Kota Sukabumi, Ayep Supriatna mengatakan dana bea siswa ini dialokasikan untuk siswa  tidak mampu dan berprestasi yang tersebar di 7 kecamatan.

Dengan adanya program bea siswa ini, Ayep mengharapkan  tidak ada lagi warga usia sekolah yang tidak melanjutkan pendidikannya.

“Pemberian beasiswa kepada para pelajar dilakukan secara rutin setiap tahunnya guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Dana berasal dari APBD Kota Sukabumi. Sehingga program beasiswa ini ditargetkan mampu menuntaskan program wajardikdas 12 tahun,” ungkapnya.

Pemerhati dunia pendidikan Kota Sukabumi, Wawan Hermawan menyatakan pemerintah juga harus memperhatikan masih adanya pungutan-pungutan di beberapa sekolah.

Dengan demikian, tidak memberatkan para orang tua dalam menyekolahkan anaknya terutama dari kalangan masyarakat kurang mampu.

“Program bea siswa ini sangat positif untuk siswa kurang mampu dan berprestasi. Tapi lebih baik lagi kontrol dinas terakait agar tiap sekolah benar-benar tidak melakukan pungutan kepada siswa. Seperti biaya masuk sekolah dan lainnya,” cetusnya. (sule/d)

Ribuan pelajar kurang mampu dan berprestasi di Kota Sukabumi diberikan bea siswa.