Friday, 23 August 2019

Lagi Antrean Truk di Pelabuhan Merak

Kamis, 16 Mei 2013 — 18:14 WIB
truk1

MERAK (Pos Kota) – Ribuan truk angkutan barang yang akan menyeberang ke Pelabuhan Bakauheuni, Lampung, tertahan di Pelabuhan Merak. Antrian ini bahkan mengular sekitar 3 km di luar areal dermaga pelabuah. Penyebabnya, karena PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Merak hanya mengoperasikan 19 kapal roll on roll off (roro).

Manager Usaha PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak, Nana Sutisna membenarkan terjadinya antrian truk itu. Menurut Nana, antrian truk di Pelabuhan Merak yang terjadi sejak Rabu (15/5) malam , lebih disebabkan minimnya kapal roro

“Idealnya 28 unit perhari. Tapi pada saat ini memang kapal roro yang dioperasikan hanya 19 unit saja,” kata Nana dihubungi poskotanews.com, Kamis (16/5).

Alasannya, lanjut Nana, karena banyak kapal dalam perbaikan. “Awalnya kita rencanakan 24 kapal yang siap dioperasikan, sedangkan 11 kapal jalani perawatn. Namun ternyata dari 24 kapal itu, 5 diantaranya malah harus menjalani perawatan juga. Jadi saat ini hanya 19 kapal yang dioperasikan,” tegas Nana.

Meski demikian, kata Nana, truk-truk yang tiba ada tidak sampai menginap di Pelabuhan Merak. Mereka hanya antri beberapa jam saja untuk sampai masuk ke dalam kapal. “Awak truk tidak sampai menginap, paling antri sekitar 6 hingga 8 jam untuk masuk ke kapal,” jelasnya seraya berharap antrian ini bisa segera teratasi setelah kapal-kapal selesai perawatan.

Budi, 34, salah seorang pengemudi truk yang mengangkut barang kelontongan mengatakan terjadinya antrian truk di Pelabuhan Merak bukan hal yang aneh. “Antrian di Pelabuhan Merak itu sudah biasa. Alasannya memang tidak lain adalah perawatan kapal. Kalau memang kapalnya sudah tua, ya seharusnya diganti dengan yang baru dong,” celetuk Budi kesal. (haryono)