Friday, 20 September 2019

PKH Bantu 12.767 Keluarga Miskin di Kota Bekasi

Kamis, 16 Mei 2013 — 14:53 WIB
bantuan

BEKASI (Pos Kota) – Warga miskin di Kota Bekasi mencapai 78.881 keluarga.  Namun yang mendapat bantuan dari Program Keluarga Harapan (PKH) hanya 12.767 keluarga saja.

Tahun ini, pemerintah pusat mengeluarkan anggaran sebesar Rp2,8 miliar untuk PKH tersebut bagi keluarga miskin di Kota Bekasi. “Karena keterbatasan anggaran, dana itu tidak bisa mencakup seluruh keluarga miskin yang ada,” kata Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bekasi, Alaxander Zulkarnaen.

Prioritas bantuan diberikan bagi keluarga kategori rumah tangga sangat miskin.  Nantinya, para keluarga ini mendapat bantuan dana mulai Rp600.000-Rp2.200.000 per tahunnya yang disesuaikan dengan kebutuhan.

“Kalau kriteria siapa yang layak mendapatkan bantuan ini, pemerintah pusat yang menentukan. Kami hanya menjalankan saja,” tutur Alex.

Bantuan tidak serta merta diberikan begitu saja karena harus mengikuti persyaratan, antara lain harus meyekolahkan anaknya atau bagi ibu hamil harus rajin kontrol kehamilannya.

“Untuk sekolah dan kesehatan Pemkot Bekasi telah menyiapkan fasilitas sekolah gratis dan pengobatan gratis sebagai penunjang. Jadi semua sudah terjamin,” kata Alex.

Saat ini data yang ada di Dinas Sosial Kota Bekasi tercatat jumlah rumah tangga miskin di Kota Bekasi mencapai 78.881 KK, yang terbagi dalam tiga kategori. Yakni kategori, rumah tangga sangat miskin sebanyak 26.750 KK, rumah tangga miskin  26.066 KK dan rumah tangga hampir miskin 26.065 KK.

Jumlah tersebut didapat berdasarkan data dari Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) yang diketuai oleh  Wakil Presiden, Boediono. Alex mengatakan pihaknya hanya mengadopsi data tersebut.

(dieni/sir)