Saturday, 26 May 2018

Ban Ramah Lingkungan

Jumat, 17 Mei 2013 — 10:06 WIB
ban

PRODUSEN ban terdepan di Indonesia, PT Bridgestone Tire Indonesia (BSI), meluncurkan produk terbarunya untuk pasar Indonesia yakni Bridgestone Ecopia EP150.

Ban terbaik dan paling ramah lingkungan ini diproduksi untuk konsumen yang menginginkan konsumsi bahan bakar hemat pada kendaraannya. Tahan lama dalam pemakaian dengan tingkat keamanan tertinggi saat bersamaan.

Ban Bridgestone EP150 menghasilkan emisi gas karbon dioksida terendah dan memberi sumbangan untuk lingkungan yang lebih hijau. Memiliki desain dan konstruksi canggih yang mengurangi hambatan gulir (rolling resistance). Sehingga lebih hemat bahan bakar, tetap memperhatikan parameter performa dan keselamatan. Seperti, pengendalian saat kondisi basah dan kering, stabilitas, kemampuan pengereman, dan tingkat kebisingan ban yang rendah.

Ecopia pertama kali diperkenalkan di Indonesia di antara negara kawasan Asia Tenggara lainnya dan diproduksi di pabrik Bridgestone Indonesia. “Ecopia menggabungkan stabilitas dan respon yang luar biasa dengan hambatan gulir rendah. Sehingga, hanya membutuhkan sedikit energi untuk menggerakkan mobil. Jadi, konsumsi bahan bakar rendah dan menghasilkan emisi gas buang yang sedikit,” kata Direktur Marketing and Sales PT BTI Tomoya Sano, kemarin.

“Ini produk ban yang memberikan tambahan value untuk konsumen, yaitu ‘Saving’ dan ‘Eco Friendly’. Saving pada bahan bakar dan Saving bagi kantong konsumen. Untuk keluarga kita dan masa depan kita, “ jelas Sano.

Bridgestone mampu mencapai kondisi tersebut melalui pengembangan kompon Nano Pro-Tech. Yang menurunkan koefisien hambatan gulir dengan mengurangi hilangnya energi pada puncak kompon selama bergulirnya ban. Dikombinasikan dengan desain tapak ban yang menghubungkan blok dan rib yang tipis. Sehingga, meningkatkan kinerja tekanan kontak ban dengan jalan serta pengereman saat kondisi basah.

Jika dibandingkan dengan produk-produk Bridgestone yang ada saat ini dalam jenis yang sama, Ecopia EP150 memiliki hambatan gulir 23% lebih baik, sehingga membuatnya secara rata-rata 3% lebih hemat bahan bakar serta sekitar 3% lebih sedikit menghasilkan emisi gas buang karbon dioksida.

“Dengan Ecopia EP150, Bridgestone akan memberikan tingkat keselamatan dan manfaat ekologi dari ECOPIA bagi pemakai kendaraan baik jenis MPV, kompak serta berukuran menengah,” ujarnya.

Ecopia EP150 menjadi ban standar pada banyak mobil jenis kompak dan medium saloon dan MPV di dunia, termasuk di Indonesia. (bambang/ak)