Senin, 20 Mei 2013 18:31:49 WIB

Diberikan Fathanah

Pedangdut Tri Kurnia Kembalikan Rp 400 Juta ke KPK

nia

JAKARTA (Pos Kota) – Pedangdut Tri Kurnia Puspita mengembalikan uang sebesar Rp400 juta ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang dia terima dari Ahmad Fathanah, tersangka tindak pidana korupsi dan pencucian uang suap kuota impor daging sapi di Kementerian Pertanian (Kemtan), Senin (20/5). Pengembalian dilakukannya pagi hari saat Gedung KPK masih terbilang sepi.

“Tadi memang ada informasi dari penyidik bahwa Mbak Tri (Tri Kurnia Puspita) tadi (pagi) mengembalikan uang sekitar Rp400 juta yang diduga dari AF (Ahmad Fathanah),” kata Juru Bicara KPK, Johan Budi SP, di Gedung KPK, Jl HR Rasuna Said, Setiabudi, Jakarta Selatan, Senin (20/5) sore.

Johan menambahkan pengembalian uang ratusan juta itu terkait kesaksian Tri Kurnia yang pada pemeriksaan sebelumnya mengaku terima uang dari sahabat Luthfi Hasan Ishaaq, mantan Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang juga terseret dalam kasus tersebut.

“Kan sejak awal Tri Kurnia ini teman. Sebelumnya, dia pernah diperiksa sebagai saksi kemudian ada penjelasan bahwa memang ada uang yang diberikan oleh AF pada yang bersangkutan, dia berjanji mengembalikan dan hari ini dia datang mengembalikan itu. Dan saya kira ini (uangnya) sudah semua” tambah Johan.

Sebelumnya, KPK juga telah menyita sejumlah barang dari tangan Tri Kurnia Puspita yang juga teman dekat istri muda Fathanah, Septi Sanustika. Yakni berupa satu unit mobil Honda Freed bernopol B 881 LAA, jam tangan merek Rolex, dan dua gelang Hermes.
Seperti diketahui Tri Kurnia adalah sahabat Septi, istri ketiga Fathanah. Ironisnya meski mereka bersahabat, Tri Kurnia tega selingkuh dengan Fathanah sehingga membuat Septi yang juga mantan penyanyi dangdut. (yulian)

Baca Juga

© "Poskota", "Poskota Online" adalah merk dagang milik PT. Media Antarkota Jaya. Poskota diterbitkan oleh PT.Media Antarkota Jaya sejak 15 April 1970 di Jakarta. Izin Usaha: SIUPP No. 0088/SK/Menpen/SIUPP A/7 1986 13 Maret 1986.