Tuesday, 25 September 2018

PNPM Indonesia Banyak Ditiru Negara Lain

Senin, 20 Mei 2013 — 19:55 WIB
PNPM-n2

JAKARTA (Pos Kota) – Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) ternyata dilirik oleh sejumlah negara asing untuk diadopsi di negara mereka. Sebab daya tarik PNPM yang menonjol adalah adanya keikutsertaan masyarakat dalam memberdayakan masyarakat itu sendiri.

Itu disampaikan Dirjen Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kementerian Dalam Negeri, Ir. H.Tarmizi A Karim kepada wartawan usai pembukaan TC Meeting ke 28 Centre on Integrated Rural Development for Asia and the Pacific (CIRDAP) Tahun 2013, di Jakarta, Senin.

“Selama ini banyak program pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh sejumlah pemerintahan namun programnya melulu dari pemerintah. Tapi dalam PNPM ini dananya dari pemerintah dan juga dari masyarakat, programnya pun dibicarakan dan dilibatkan unsur masyarakat,” tutur Tarmizi.

Tarmizi A Karim menyebutkan pemerintah Indonesia juga berencana mengadopsi sistem yang diterapkan India dan Bangladesh dalam pemberdayaan masyarakat di sana. Yang akan diadopsi terkait dengan penyelenggaraan training dan transparansi. “Jadi pertemuaan CIRDAP ini nantinya tiap negara akan melakukan kajian dan saling tukar pengalaman dalam upaya pemberdayaan masyarakat di Negara masing-masing, “ tambahnya.

CIRDAP atau Centre on Integrated Rural Development for Asia and the Pasific adalah lembaga regional beranggotakan 15 negara. Tujuannya untuk mengatasi secara bersama-sama dalam upaya meningkatkan pembangunan desa terpeadu dan penanggulangan kemiskinan. (johara/d)