Tuesday, 12 December 2017

11 Kendaraan Tabrakan Beruntun di Tol Cipularang

Selasa, 21 Mei 2013 — 18:58 WIB
primaberun215

PURWAKARTA (Pos Kota) – Sedikitnya 11 kendaraan terlibat tabrakan ‘krambol’ di KM 93+800 Tol Cipularang arah Bandung-Jakarta, Selasa (21/5) sekira pukul 15.30 wib. Tak ada korban jiwa dalam tabrakan tersebut, hanya mengakibatkan kerugian materiil mencapai puluhan juta.

Tabrakan itu terjadi disaat antrian “mengular” di sekitar KM 93 akibat adanya perbaikan jalan. Tiba-tiba Bus Primajasa No Pol B 7824 ZX menabrak kendaraan Innova di depannya kemudian menabrak Avanza hingga menabrak 8 kendaraan lainnya.

Kanit Laka Lantas Polres Purwakarta, Iptu, Rullyanto Fahroen, menjelaskan, penyebab tabrakan “krambol” melibatkan 11 kendaraan diduga karena Bus Primajasa mengalami rem blong.

“Berdasarkan keterangan saksi korban di lokasi kejadian, Primajasa menabrak dari arah belakang kendaraan Innova dan Avanza hingga keduanya terhempas ke sebelah kanan dan kiri,” ungkapnya.

Tak berhenti di situ, lanjut Rullyanto, Bus Primajasa terus nyelonong dan menabrak 8 kendaraan lainnya. Seluruh kendaraan terlibat tabrakab “krambol” telah dievakuasi ke GT Jatiluhur.

“Yang terlibat tabrakan “krambol” ini ada 11 kendaraan diantaranya 3 bus, 1 minibus travel Baraya dan 7 kendaraan jenis Avanza, Innova dan APV,” jelas Rullyanto.

Rullyanto menerangkan, jalan menyempit akibat adanya perbaikan jalan dipastikan bukan penyebab terjadinya tabrakan. Pasalnya, papan pemberitahuan adanya perbaikan telah dipasang di KM 96. “Dugaan sementara penyebab tabrakan krambol rem blong dari bus primajasa,” pungkasnya. (dadan)

Teks : Salah satu kendaraan terlibat tabrakan “krambol” bus pariwisata Blue Star mengangkut rombongan study tour SMAN 14 Cililitan,Jaktim. Bus dievakuasi ke full derek GT Jatiluhur