Thursday, 20 September 2018

Cuaca Buruk Nelayan Tidak Melaut

Rabu, 22 Mei 2013 — 6:46 WIB
*Illustrasi

*Illustrasi

INDRAMAYU (Pos Kota) – Cuaca buruk ditandai tingginya ombak di laut serta kencangnya hembusan angin membuat nelayan Indramayu, Jawa Barat terpaksa mengurungkan niatnya berangkat mencari hasil tangkapan laut.

Pemantauan Pos Kota, Selasa kemarin di sekitar laut Eretan nampak sepi dari aktifitas kapal nelayan yang biasanya selalu ramai hilir mudik berangkat dan pulang dari laut.

Di muara Kali Eretan perahu dan kepal ikan nelayan seharian nampak ditambat atau diparkir nelayan di tepi muara. “Cuaca buruk ini terjadi sejak seminggu yang lalu. Jarang kapal ataupun perahu yang berangkat mencari hasil tangkapan laut kalau dipaksakan hasilnya tidak seberapa sehingga tidak sebanding dengan pengeluaran,” kata Edi, 21.

Dikatakan Edi, memang ada satu dua perahu nelayan yang berangkat. Hasilnya tidak ada ikan besar seperti kakap, tongkol maupun ikan hiu.

Yang tertangkap hanya rebon alias udang kecil. Jika dijual rebon itu harganya murah tak sebanding dengan pengeluaran solar dan biaya perbekalan lainnya. Setiap kali ke laut berangkat malam pulang siang memerlukan perbekalan solar dan bahan makanan termasuk rokok sebesar Rp400 ribu hingga Rp600 ribu . Sementara hasil rebon paling banter dijual Rp500 ribu.(taryani).