Rabu, 22 Mei 2013 23:49:13 WIB

Oesman Sapta Raih Penghargaan Dari Untan

Oesman-Nuh

PONTIANAK (Pos Kota) – Pengusaha nasional Oesman Sapta Odang (Oso) meraih penghargaan dari Universitas Tanjung Pura (Untan), Pontianak, Kalimantan Barat. Ia  dinilai berjasa membangun Kalimantan Barat.

Oesman Sapta salah satu dari 40 tokoh masyarakat Kalbar yang juga mendapatkan penghargaan yang diberikan oleh Rektor Untan Prof Dr Thamrin Usman, DEA, pada acara Dies Natalis Untan ke-54 di Auditorium Untan, Pontianak.

Selain  Oesman Sapta, peraih penghargaan lainnya ialah  Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Akil Mochtar. Mendikbud M. Nuh turut hadir dan menyaksikan pemberian penghargaan itu.

Oesman Sapta mengaku bersyukur dirinya mendapatkan penghargaan, meski dia tak tahu menahu ukuran mengapa dirinya dapat penghargaan.

Kendati demikian, di balik penghargaan itu, ada beban dan tanggung jawab yang berat yang harus ditopang, yakni peningkatan pembangunan, pendidikan, pemberantasan kemiskinan dan budaya di daerah.

Selain itu, lanjut dia, mencegah kemungkinan-kemungkinan terjadinya konflik di tengah masyarakat. Konflik itu selalu terjadi karena budaya.  “Ini harus kita hayati dan perlu kita kembangkan agar persoalan sosial bisa diatasi,” kata Oso yang juga Ketua Umum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) ini.

Pendidikan di Kalbar sendiri, kata Oesman, masih belum memadai, sehingga perlu diberikan dukungan, terutama dari orang-orang yang telah diberikan penghargaan dari Universitas Tanjung Pura, bagaimana menfungsikan mereka dalam menyosialisasikan, peningkatan pendidikan dan menurunkan kemiskinan.

“Bagaimana mereka bisa kaya, kalau mereka sendiri bodoh. Pendidikan merupakan faktor yang utama. Langkah yang harus dilakukan memerangi kebodohan,” papar Oesman. (aby/d)

Foto :

Ketua Umum HKTI DR. H. Oesman Sapta (kiri) menerima penghargaan dari Rektor Universitas Tanjung Pura, Prof Dr Thamrin Usman, DEA, disaksikan Mendikbud Prof. Dr. Ir. M. Nuh di Pontianak, Senin. (aby)

Baca Juga

© "Poskota", "Poskota Online" adalah merk dagang milik PT. Media Antarkota Jaya. Poskota diterbitkan oleh PT.Media Antarkota Jaya sejak 15 April 1970 di Jakarta. Izin Usaha: SIUPP No. 0088/SK/Menpen/SIUPP A/7 1986 13 Maret 1986.