Rabu, 22 Mei 2013 00:55:20 WIB

Pelabuhan Tanjung Priok Dituding Monopoli

Pelabuhan Tanjung Priok-n

JAKARTA (Pos Kota) – Dirjen Perhubungan Laut Kementrian  Perhubungan (Kemenhub) akan memanggil Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia RJ Lino pekan erkait tudingan monopoli di Pelabuhan Tanjung Priok, sehingga 11 asosiasi pengusaha yang bergerak dibidang kepelabuhanan akan stop operasi nasional pada 3 Juni 2013 nanti.

Sebelas asosial menuding  Pelindo II melakukan ekspansi besar-besaran dengan membuat  belasan anak perusahaan baru  yang beroperasi dari hulu hingga hilir dalam bisnis kepelabuhan.

Beberapa diantara anak perusahaan Pelindo ll yakni  PT Indonesia Kendaraan Terminal, PT Energi Pelabuhan Indonesia, PT Pelabuhan Tanjung Priok, dan PT Pengembang Pelabuhan Indonesia. Bahkan, tahun ini Pelindo II berencana menambah anak usahanya menjadi 22 perusahaan.

“Minggu ini  saya akan panggil Pelindo untuk membicarakan protes asosiasi. Saya sudah mendengar langsung dari puluhan asosiasi bongkar muat belum lama ini. Mereka juga memberikan bukti kalau beberapa general Pelindo di daerah sudah membuat surat agar pemilik barang supaya menyerahkan pekerjaannya hingga keluar pelabuhan oleh Pelindo,” terang Bobby.

Namun itu baru laporan sepihak kendati asosiasi perusahaan bongkar muat memerankan bukti tertulis. Oleh karenanya pihaknya akan memanggil para Dirut Pelindo 1-4 atau setidaknya Dirut Pelindo ll dahulu.

“Mudah-murahan sebelum tanggal 3 Juni masalahnya bisa teratasi sehingga tidak ada demo massal secara nasional di seluruh pelaabuhan umum SE Indonesia,” harap Bobby.

Bahkan untuk mengatasi kemungkinan mogok nasional tersebut pihaknya telah  memanggil seluruh kepala otoritas pelabuhan dan kepala syahbandar pelabuhan se- Indonesia, agar mereka bisa melakukan pendekatan baik ke Pelindo maupun asosiasi, sebab jika benar demo yang rugi adalah pemerintah akan kehilangan triliunan rupiah serta masyarakat luas. (dwi/d)

Baca Juga

© "Poskota", "Poskota Online" adalah merk dagang milik PT. Media Antarkota Jaya. Poskota diterbitkan oleh PT.Media Antarkota Jaya sejak 15 April 1970 di Jakarta. Izin Usaha: SIUPP No. 0088/SK/Menpen/SIUPP A/7 1986 13 Maret 1986.