Jumat, 24 Mei 2013 22:07:21 WIB

PPDB Kota Bogor Jalur Reguler Dibuka

online-1-sub

BOGOR (Pos Kota) – Penerimaan peserta Didik Baru (PPDB) Kota Bogor jalur reguler tahun ajaran 2013/2014 akan dibuka kembali.
Setiap calon peserta didik baru dijamin akan mendapat kesempatan yang sama dan merata untuk memperoleh kesempatan pendidikan.
Sesuai dengan jadwal, calon peserta didik tingkat SMA Negeri dapat mendaftarkan diri mulai tanggal 17-20 Juni 2013.

Pendaftaran dibuka mulai pukul 08.00 s.d pukul 14.00. calon peserta didik harus melampirkan ijazah asli atau Surat Keterangan Lulus dari sekolah asal, menyertakan SKHUN asli atau dari sekolah asal, menyertakan buku rapot asli dan mengisi formulir pendaftaran yang telah disediakan.

“Tahun ini proses seleksi menggunakan nilai UN SMP/MTs dan nilai Rapot kelas VII s.d. kelas VIII mata pelajaran yang di UN-kan,” jelas Kepala Dinas Pendidikan Kota Bogor Fetty Qondarsyah dalam Konferensi Pers di Ruang Rapat III Balaikota Bogor, Jumat (24/5/2013).

Fetty menjelaskan bahwa calon peserta didik asal sekolah dalam kota memiliki dua pilihan.
Sementara calon peserta didik asal sekolah luar Kota Bogor mempunyai satu pilihan. Seleksi calon peserta didik baru berdasarkan peringkat jumlah nilai dari tertinggi ke terendah sampai terpenuhinya daya tampung yang telah ditetapkan. Jumlah nilai adalah hasil penjumlahan antara nilai UN SMP/MTs dengan jumlah masing-masing hasil konversi terhadap rentang nilai satuan dari nilai rapor kelas VII s.d. VIII untuk mata pelajaran yang di-UN-kan.

“Pengumuman akan dilaksanakan pada tanggal 28 Juni 2013 pukul 08.00 s.d 14.00 di tempat calon peserta didik mendaftar. Daftar ulang akan dilaksanakan pada tanggal 2- 4 Juli 2013. Apabila tidak mendaftar ulang maka dianggap mengundurkan diri,” terang Fetty.

Fetty juga menjelaskan bahwa calon peserta didik harus berusia maksimal 21 tahun pada tanggal 15 Juli 2013. Sementara bagi calon peserta didik lulusan sebelum tahun 2012/2013 dapat diterima sepanjang daya tampung masih memungkinkan. Juga melampirkan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dan Surat Keterangan Tidak Sedang Bersekolah (SKTSB) dari kelurahan setempat.

Sebelumnya Dinas Pendidikan Kota Bogor telah membuka jalur khusus PPDB tahun ajaran 2013/2014 bagi siswa/siswi di Kota Bogor yang memiliki prestasi. Persyaratannya calon peserta didik baru berprestasi dalam bidang akademik dan non akademik memiliki sertifikat atau piagam penghargaan yang dikeluarkan oleh kementrian/badan/dinas/lembaga/institusi dan organisasi resmi yang diakui pemerintah.

Fetty mengatakan bahwa penerimaan peserta didik baru harus dapat menciptakan suatu sistem pendidikan nasional yang dapat menjamin pemerataan kesempatan pendidikan, peningkatan mutu serta relevansi dan efisiensi manajemen pendidikan untuk menghadapi tantangan sesuai dengan tuntutan perubahan kehidupan lokal, nasional, dan global. Untuk itu, bagi masyarakat yang ingin memperoleh keterangan lebih lanjut dapat mengakses http://ppdb_bogor.sistem-akademik.net/beranda.html.

(yopi/sir)

Baca Juga

© "Poskota", "Poskota Online" adalah merk dagang milik PT. Media Antarkota Jaya. Poskota diterbitkan oleh PT.Media Antarkota Jaya sejak 15 April 1970 di Jakarta. Izin Usaha: SIUPP No. 0088/SK/Menpen/SIUPP A/7 1986 13 Maret 1986.