Sunday, 18 August 2019

Program Keluarga Harapan Siap Jangkau 3 Juta Keluarga

Jumat, 24 Mei 2013 — 16:52 WIB
program245

JAKARTA (Pos Kota) – Program Keluarga Harapan (PKH) siap jangkau 3 juta rumah tangga miskin pada tahun 2014.

“PKH merupakan program unggulan nasional, yang sudah dimulai sejak 2007, ” kata Menteri Sosial RI Salim Segaf Al Jufri, dalam siaran pers Humas Kemensos, Jumat.

Menurut Salim, PKH telah memberikan hasil signifikan untuk mengurangi jumlah kemiskinan di Indonesia. Terutama bagi Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM), melalui jalur pendidikan dan kesehatan.

“PKH diperuntukan bagi RTSM yang tersebar di provinsi dan kabupaten di Indonesia. Sudah lebih dari 1,5 juta rumah tanggayang dibantu dan pada 2014 ditargetkan menjangkau 3 juta rumah tangga,” tandasnya.

Dalam PKH, kata Salim, posisi seorang ibu memiliki peran strategis untuk mendorong anak-anak agar terus sekolah dengan adanya bantuan jaminan kesehatan bagi RTSM. Sederhananya, PKH benar-benar diperuntukan untuk mengangkat harkat dan martabat keluarga miskin Indonesia.

“Peran ibu sangat penting untuk mendukung pendidikan anak-anak. Sebab, dengan peran ibu itulah anak-anak RTSM bisa bersekolah dengan bangga, ” tandasnya.

Pasca digulirkan PKH, banyak perubahan positif di keluarga RTSM. Misalnya, anak-anak bisa bersekolah kembali, biaya sekolah gratis, serta mendapat jaminan kesehatan gratis.

PKH tidak hanya diterapkan di Indonesia, melainkan sudah lebih 40 negara di dunia melakukan hal yang sama dengan tingkat keberhasilan memuaskan. Misalnya, di Brazil dan negara-negara Amerika Latin.

Salim menandaskan, dalam rentang waktu singkat mampu mengentaskan kemiskinan secara signifikan. Setelah keberhasilan itu, konsep program bantuan tunai bersyarat (conditional cash transfers) itu diadopsi berbagai negara di dunia termasuk Indonesia.

“Indonesia termasuk salah satu negara di Asia yang sukses dalam upaya pengentaskan Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) dengan PKH,” terangnya. (tri)