Di Jateng, PDIP Menangi Tiga Pilkada

Senin, 27 Mei 2013
duopdi275

SEMARANG ( Pos Kota ) – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ( PDI-P ) berhasil meraih tiga kemenangan sekaligus dalam Pemilukada yang dilaksanakan serentak di Jawa-Tengah , Minggu (26/5) . Yaitu pemilihan gubernur ( Pilgub ) Jateng periode 2013 -2018 yang untuk sementara dimemangi pasangan Ganjar Pranowo – Heru Sudjatmoko , pemilihan bupati ( Pilbup ) Kudus dan Pilbup Temanggung . Dengan kemenangan tiga pemilukada di Jateng tersebut , PDIP s berhasil mencetak treble dalam Pilkada 2013 di Jateng.

Pasangan Musthofa – Abdul Hamid juga untuk sementara unggul dari rival-rivalnya dalam pemilihan Bupati Kudus . Pasangan Musthofa-Abdul Hamid meraih suara terbanyak yaitu 49%. Pasangan lain calon kepala daerah yang diusung PDIP, Bambang Sukarno-Irawan Prasetyadi juga meraih 141.608 suara atau 40,7% pada pemilihan bupati di Temanggung.

Kemenangan dua pasangan calon bupati dan calon wakil bupati yang diusung oleh PDIP memperkokoh posisi Provinsi Jateng sebagai kandang Banteng atau basis Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan. Seperti diketahui selain menyelenggarakan Pilgub, warga Kabupaten Kudus dan Kabupaten Temanggung pada hari yang sama juga melakukan pemilihan kepala daerah.

Pilbup Kudus pasangan Musthofa – Abdul Hamid sampai dengan Minggu malam meraih 49% suara , disusul pasangan M. Tamzil-Asyrofi 30% suara.

SILATURAHMI
Sesuai janjinya, Ganjar Pranowo langsung menemui calon-calon lain, usai memenangkan perhitungan cepat sebagai pemenang Pilgub Jateng oleh quick count semua lembaga survei. Pertama yang dikunjungi adalah calon gubernur Hadi Prabowo di Posko Pemenangannya , Jalan Gajahmada, Semarang Senin (27/5). Ganjar yang mengenakan baju merah tiba pukul 11.00 WIB. Ia disambut dengan senyum hangat oleh Hadi Prabowo yang mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Jateng tersebut .

Ganjar mengatakan, dirinya melakukan silaturahmi sebagai bagian dari langkah perubahan Jawa Tengah. Makanya ia menemui Hadi yang mantan Sekda untuk meminta masukan program pembangunan. “Pak Hadi ini kan senior di Jateng, saya harus berkunjung untuk meminta masukan-masukan,” katanya.

Setelah Pilgub, menurut Ganjar, kondusifitas di Jateng harus tetap dijaga. Jika pada masa kampanye terjadi saling sindir dan sentil, menurutnya itu hal biasa dalam kontestasi pilgub. “Senggol senggol sedikit itu wajar karena metode kampanye saja. Tapi setelah itu hubungan kembali dibangun, menyatukan langkah untuk ke depan lebih baik,” jelasnya.

Hadi Prabowo menyatakan apresiasi atas inisiatif Ganjar yang cepat mengunjungi para calon lain. “Saya berikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya pada Mas Ganjar yang dalam waktu cepat mendatangi calon lain. Ini suatu hal yang positif dalam budaya jawa dan baik untuk rencana ke depan,” katanya.Hadi menyatakan kesiapannya untuk membantu Ganjar dalam memimpin Jawa Tengah. “Saya siap membantu dengan pengalaman saya di birokrasi. Kapanpun diminta,” ujarnya. ( Suatmadji )

Teks : Ganjar Pranowo bersalaman dengan Hadi Prabowo

Tentang Kami

Poskota

Poskota, Poskotanews, Poskota Online adalah merk dagang milik PT. Media Antarkota Jaya. Poskota diterbitkan oleh PT. Media Antarkota Jaya sejak 15 April 1970 di Jakarta. Izin Usaha: SIUPP No. 0088/SK/Menpen/SIUPP A/7 1986 13 Maret 1986.