Friday, 24 November 2017

Berkontribusi Soal Anti-Rokok

Enam Tokoh Dapat Penghargaan

Kamis, 30 Mei 2013 — 23:47 WIB
ilusenam

JAKARTA (Pos Kota)- Dalam rangka memperingati hari tanpa tembakau sedunia (HTTS) 2013, Komisi Nasional Pengendalian Tembakau (Komnas PT) menganugerahkan penghargaan kepada enam tokoh penting yang dinilai memiliki kontribusi besar terhadap gerakan pengendalian rokok.

Keenam tokoh tersebut;h Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi, Gubernur DKI Jakarta periode 2007-2012 Fauzi Bowo, Gubernur DKI Jakarta periode 2012-2017 Joko Widodo, Ketua Kaukus Kesehatan DPR RI Sumaryati Aryoso, Chairman dan pendiri Lippo Group Mochtar Riady, serta Svida Alisjahbana sebagai CEO Femina Group.

Menurut Prof Anfasa Moeloek, Dewan Pengawas Komnas PT, mengendalikan tembakau adalah masalah yang tidak mudah. Karena berhubungan dengan kepentingan bisnis industri rokok.
“Pasti mereka bakal melakukan perlawanan keras,” papar Moeloek disela diskusi publik bertema tolak iklan, promosi dan sponsor rokok, Kamis (30/5).

Karena itu, dibutuhkan orang-orang yang mampu mengambil kebijakan publik untuk mempersempit ruang gerak peredaran rokok.

Enam tokoh yang mendapat penghargaan dari Komnas PT tersebut dikatakan Moeloek sudah memberikan bukti nyata, bagaimana dengan kekuasaan dan jabatannya, mereka mampu mengambil kebijakan anti rokok dilingkungan perusahaan, instansi dan wilayah kekuasaanya.

Wamenkes Ali Ghufron Mukti mengatakan Indonesia sudah saatnya untuk bersikap tegas perang terhadap rokok. Mengingat dampak rokok terhadap kesehatan sangatlah buruk. “Kita membutuhkan anggaran untuk 3 sampai 4 kali dari nilai cukai yang dihasilkan oleh rokok untuk mengobati oraang-orang sakit yang diakibatkan rokok,” katanya.

Karena itu setelah terbitnya PP 109 tahun 2012 kini Kemenkes tengah melangkah menuju ratifikasi perjanjian protokol anti tembakau atau FCTC. Segala dokumen termasuk naskah akademik untuk ratifikasi FCTC sudah dikirim ke presiden melalui menteri luar negeri. (Inung)

Teks: Ketua Dewan Pengawas Komnas PT Anfasa Moeloek berfoto bersama 6 tokoh peraih penghargaan dari Komnas Pengandilan Tembakau.