Tuesday, 17 September 2019

Di Bekasi, Sekolah Swasta Juga Gratis Bagi Orang Miskin

Jumat, 31 Mei 2013 — 7:45 WIB
gramiskin315

BEKASI (Pos Kota) – Siswa miskin di Kota Bekasi yang tidak dapat masuk ke sekolah negeri dapat melanjutkan ke sekolah swasta dengan gratis. Pemkot Bekasi dan Dinas Pendidikan setempat menjaminnya.

Penjaminan masuk ke sekolah swasta ini sebagai bagian dari program penerimaan siswa baru yang 100 persen secara online yang disepakati Pemkot Bekasi dan Dinas Pendidikan Kota Bekasi.

Dalam kesepakatan itu, program bina lingkungan yang selama ini merupakan layanan bagi siswa miskin untuk masuk di sekolah negeri, dihapuskan.

“Tidak ada jalur bina lingkungan. Semua siswa mendapatkan kesempatan yang sama untuk masuk sekolah negeri. Jika ada siswa miskin yang tidak diterima di negeri, sekolah swasta bersedia menggratiskan biaya,” kata Walikota Bekasi Rahmat Effendi.

Menurut walikota, untuk menghindari kesenjangan antara sekolah negeri dan swasta, pihaknya juga akan mengatur subsidi. Sebab, selama ini, ketertarikan siswa pada sekolah negeri cenderung dipengaruhi oleh subsidi pemerintah. “Jadi nanti kami atur subsidinya. Biar tidak timpang,” katanya.

Dia menjelaskan, dari keseluruhan siswa yang mendaftar sekolah negeri, hanya 30 persen saja yang bisa mengisi kuota. “Sisanya 70 persennya akan dialihkan ke swasta. Kami menyadari, hampir semua siswa menginginkan di sekolah negeri,” kata walikota.

Namun bisa semua difokuskan ke sekolah negeri, pemerintah juga akan keberatan memberi subsidi. (Dieni)

Ilustrasi

  • untungsetiawan56@yahoo.com

    WAH KASIHAN,PEMERINTAH HRS PEDULI SEKOLAH SWASTA YG BANYAK JASANYA,LULUSAN2NYA BOLEH DIADU,MALAH SWASTA HRS DIDORONG BIKIN SEKOLAH RSBI YG LUAR BIASA,DRPD SISWA HRS SEKOLAH DILN

  • Idhu Geni

    HALO WALKOT BEKASI..URUS TUH BECAK YG MEMACETKAN JL.JUANDA..MANA JANJIMU DULU KATAMU DIBEBASKAN MENJADI DUA ARAH TAK AKAN MACET..??

  • anggi

    SMA negeri di bekasi mahal rata2 matok harga 10jt lebih dan spp 500rb blm ditambah uang daftar ulang dan buku tiap semester yg sampe jutaan jadi lebih baik sekolah di swasta di sekolah saya sekarang gak ada uang pangkal,gakada uang spp, tiap taun dikasi buku sama seragam jauh banget sama sekolah negeri yg duitnya selangit,mana janji pemerintah yg sediakan pendidikan murah??mungkin murah bagi kalangan berduit tapi tidak untuk kalangan bawah,