Sunday, 21 July 2019

Dirazia, Kosmetik Mengandung Bahan Kimia Berbahaya

Jumat, 31 Mei 2013 — 18:51 WIB
Make up equipment

BOGOR (Pos Kota) – Kosmetika mengandung bahan kimia berbahaya ternyata masih banyak beredar di Kota Bogor. Buktinya,  Dinas Perindustrian, Perdagangan,  dan Koperasi (Disperindagkop) Kota Bogor selama dua hari ini melakukan razia dan menyita ratusan kosmetik mengandung bahan kimia berbahaya di sejumlah pedagang di toko dan pasar.

Kosmetik yang disita di antaranya untuk perawatan wajah, kulit dan rambut, Tabita, Jasmine, Jinzu Strawberry White Beauty Soap, Doctor Kayaman, Casandra 3D Profesional, Alvina, Chrysant dan lainnyaTabita, Jasmine, Jinzu Strawberry White Beauty Soap, Doctor Kayaman, Casandra 3D Profesional, Alvina, Chrysant dan lainnya

Ditenggarai kosmetik produk berbahaya seperti merkuri, hidrokuinon dan prodamin. “Sesuai dengan ketetapan BPOM produk kosmetik ini mengandung bahan berbahaya bagi kesehatan. Sebab itu kita lakukan razia selamadua hari ini,”  kata Kabid  Perdagangan Disperindagkop Kota Bogor M Sinaga, Jumat.

Menurutnya, razia dilakukan setelah pihaknya mendapatkan laporan dari masyarakat. Razia pada hari pertama dilakukan pada Rabu dengan melibtakan  Satpol PP dan Dinas Kesehatan Kota Bogor di Pasra Anyar dan Pasar Bogor. Pada operasi ini ditemukan produk kosmetik yang dilarangan pengedarannya karena mengandung bahan berbahaya.

Keesokan harinya merazia  Pasar Modren Bogor Trade Mall dan Pasar Grosir Bogor, juga menemukan kosmetik yang sama beredar bebas. Namun, para penjiualhanya diberi penjelasan dan peringatan, jika di kemudian hari masih menjual pihaknya akan mempidanakannya.

Menurutnya, setiap pedagang atau toko yang menjual produk yang berbahaya akan dikenakan pasal 62 UU No 8 tahun 2009  dan dikenakan shukuman kurungan  minimal lima tahun penjara atau denda Rp 2 miliar.

“Dari razia itru ikita temuykan satu penjual yang sudah dua kali menjual kosmetika berbahaya dan kita akan pidanakan,”katanya.(iwan/d)

Foto : Ilustrasi