Monday, 19 November 2018

Perdayai Tetangga, Dukun Pengganda Uang Dibekuk

Sabtu, 1 Juni 2013 — 19:56 WIB
dukun

PURWAKARTA (Pos Kota) – Mengaku dapat menggandakan uang, YY, 59, perdayai tiga tetangganya di Kp Cihideung, Kel Cisereuh, Purwakarta. Akibatnya, uang puluhan juta yang mereka ‘tanam’ di dukun pengganda uang, amblas.

Dukun Pengganda Uang

Pelaku YY di kantor polisi. – dadan,
Karena, uang tak kunjung ‘beranak’ mereka sadar telah ditipu YY dan melaporkan kasus penipuan itu ke petugas Polsek Purwakarta. Kemarin, YY diringkus petugas Polsekta Purwakarta di sekitar tempat pembuangan akhir (TPA) sampah Kp Cikolotok, Kec Pasawahan,Purwakarta.

Tiga keluarga yang menjadi korban penipuan dukun YY masing masing, Suhanah, 65, sebesar Rp 21 juta, Samsudin, 60, Rp 25 juta dan 2 gram emas, dan Randi,33, uang milik keluarganya senilai Rp 7,5 juta juga raib.

Kasus penipuan ini dilakukan YY, 59, tetangga baru mereka. Mereka tak menyangka lelaki tua asal Pangandaran yang tinggal bersama istri dan satu orang anaknya di rumah kontrakan Suhanah sejak enam bulan lalu, tega menipu mereka.

Suhanah menuturkan, modus operandi pelaku ini dengan membujuk dan mengiming-imingi bisa menggandakan uang, misalnya dari satu juta menjadi dua juta.

Suhanah pemilik kontrakan yang ditinggali pelaku dengan keluarganya ini, tak begitu menggubris rayuan tersebut. Akan tetapi YY terus meyakinkan nenek ini, hingga akhirnya Suhanah tergiur dan menuruti permintaan YY.

“Uang yang diberikan kepada YY semuanya Rp 21 juta, itu bukan uang Emak semua, tapi hasil pinjam dari renternir sebesar Rp 15 juta. Sementara yang empat juta itu uang dari kerabat Emak. Uang Emak hanya dua juta, sekarang bagaimana harus menggantinya,” katanya sambil menangis.

Kapolsek Kota Purwakarta, Kompol Alimudin, Sabtu (1/5), membenarkan adanya kasus penipuan di wilayahnya. Alimudin mengatakan, dari hasil pemeriksaan terhadap pelaku maupun korban, modus pelaku YY memang melakukan penipuan dengan cara merayu korbannya dengan mengaku-ngaku bisa menggandakan uang.

“Pelaku menjanjikan bisa menggandakan uang dengan target selama 21 hari, namun setelah waktunya tiba uang ternyata pelaku terus mengundur-ngundur waktu hingga akhirnya ketahuan YY menipu. Uang yang diberikan para korban ini sudah habis dipakai oleh pelaku,”ungkap Alimudin.

Kepada polisi, YY mengaku uang hasil perdayai tetangganya itu sudah habis dipakai keperluan rumah tangganya. “Uangnya habis pak,” ucapnya. (dadan/d)

  • YuhuDesca

    bisa gandakan uang kok masih cari pelanggan.

  • karael

    ya mikr aja klo dia bisa gandakan uang keanapa dia hidupnya cuman ngontrak,,,MIKIR SAJA BUNGK