Monday, 26 August 2019

Sambut Hari Jadi Bogor, Puluhan Budayawan Pawai

Minggu, 2 Juni 2013 — 13:40 WIB
bogor3

BOGOR (Pos Kota) –  Sambut Hari Jadi Bogor (HJB) ke 531,  yang jatuh pada Senin 3 Juni 2013, puluhan budayawan, Seninan, dan organisasi kemasyarakatan termasuk diantaranya dari Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) Kota Bogor dan Bogor Historikal lakukan Long March ke Balaikota Bogor malam.

Sebelum menuju Balaikota, budayawan berkumpul di Tugu Kujang untuk melakukan do’a bersama untuk Karuhun Bogor.
“Ada sekitar 50 orang yang  ikut serta dalam kegiatan ini,”kata Koordinator kegiatan Dadang HP.

Menurut Dadang, selain pawai, persiapan pagelaran wayang golek di 6 wilayah se Kota Bogor, kini dimatangkan panitia.
Dadang yang juga sekretaris Pepadi Kota Bogor mengatakan, puncak kegiatan akan berlangsung Minggu malam.

Para peserta akan membawa puluhan obor menuju Balaikota Bogor untuk selanjutnya nonton bareng pagelaran wayang golek semalam suntuk dengan dalang kondang Asep Sunandar Sunarnya dari Bandung.

Ia menjelaskan, untuk lebih menarik dalam iring –iringan menuju Balaikota, juga akan diiringi Prameisuri Prabu Siliwangi yakni Nyi Ambet Kasih yang diperankan oleh seorang siswi SMK Negeri 1 Bogor.
“Ini kegiatan murni yang diprakarsai oleh masyarakat, karena selama ini, Hari Jadi Bogor terkesan menjadi milik pejabat dan aparat Pemerintah Kota Bogor,“ujarnya.

Dadang menegaskan, kegiatan ini sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT, bahwa Bogor sudah memasuki usia 531 tahun. Ini sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT.
“Insya Allah, kegiatan tersebut akan dimulai ba’da Isya atau sekitar jam 20.00 malam,“kata dia.
Ia juga berharap, para wisatawan yang sedang berada di Kota Bogor bisa menyaksikan event budaya ini. “Kami berharap HPI (Himpunan Pramuwisata Indonesia) bisa menggiring para wisatawan yang sedang berada di Bogor untuk bisa menyaksikan event budaya ini,“ harapnya.

Panitia juga akan membagikan totopong (ikat kepala) untuk para Sopir Angkutan Umum, dan masyarakat umum yang melintas di sekitar Jalan Pajajaran.

“Pembagian totopong gratis akan dimulai dari pukul 16 sore Minggu (2/6/2013),“pungkas Dadang.
Ketua Pepadi Kota Bogor Shahlan Rasyidi menyambut baik kegiatan event budaya yang digelar menyambut HJB.

“Insya Allah kita akan membawa para dalang yang tergabung dalam Pepadi untuk ikut ambil bagian dalam kegiatan tersebut,“katanya.

(yopi/sir)