Sunday, 15 September 2019

Takluk 3-4 Dari Sevilla, Valencia Terdepak Dari Liga Champions

Minggu, 2 Juni 2013 — 11:01 WIB
Valencia's Ever Banega reacts during their Spanish first division soccer match against Atletico Madrid at Vicente Calderon stadium in Madrid

SEVILLA (Pos Kota) – Usaha pelatih Sevilla, Unai Emery untuk menggagalkan usaha Valencia ke pentas Liga Champions, berjalan dengan sempurna. Sevilla sukses menaklukkan 10 pemain Valencia dengan skor tipis 4-3 pada laga pamungkas La Liga Spanyol di Estadio R. Sanchez Pizjuan, Minggu (2/6) dinihari WIB tadi. Hasil itu sekaligus menjadi mimpi buruk bagi Valencia yang harus merelakan tiket Liga Champions lewat jalur kualifikasi, melayang begitu saja.

Valencia turun ke tangga kelima atau satu tingkat di bawah zona Liga Champions dengan 65 poin. Anak-anak asuh Ernesto Valverde itu terpaut satu angka di bawah Real Sociedad yang finis di urutan keempat, atau batas akhir zona Liga Champions pasca menang 1-0 atas tuan rumah Deportivo La Coruna pada hari yang sama. Sedangkan Sevilla tetap tidak bisa mengubah nasib mereka yang finis di papan tengah dengan 50 poin.

Menjamu Valencia di depan pendukungnya sendiri, Sevilla sebenarnya sempat dikejutkan setelah skuad Emery itu tertinggal lebih dulu lewat gol Ever Banega pada menit ke-12. Namun Sevilla bangkit dan terus menekan perlawanan Valencia sebelum akhirnya bisa menyamakan kedudukan berkat gol Alvaro Negredo di menit ke-40. Sevilla bahkan bangkit dan berhasil membalikkan keadaan lewat gol kedua Negredo dari titik putih di menit ke-44.

Penalti diberikan wasit akibat pelanggaran yang dilakukan pemain Valencia di kotak terlarang. Skor pun berubah menjadi 1-1 sebelum akhirnya Valencia dipaksa bermain dengan 10 orang akibat kartu merah Jonas di penghujung babak pertama. Ironisnya, bermain dengan 10 orang di babak kedua, Valencia justru mampu menyamakan kedudukan berkat gol Roberto Soldado pada menit ke-56. Sayang, satu menit berselang, Sevilla kembali unggul.

Adalah Negredo yang lagi-lagi mampu menjebol gawang Valencia kawalan Vicente Guaita, sekaligus melengkapi hatriknya pada laga tersebut. Merasa masih belum puas Negredo klembali menjebol gawang Valencia untuk keempat kalinya di menit ke-61. Sebaliknya, Valencia hanya mampu mencetak satu gol tambahan untuk memperkecil kekalahan mereka,. lewat aksi Soldado, dua menit jelang bubaran. Skor 4-3 sekaligus memastikan kemenangan Sevilla pada laga itu.

(junius/sir)