Senin, 3 Juni 2013 15:47:48 WIB

FKID Sultan Banten Segera Kukuhkan Pengurus DPW DKI

sultan-sub

JAKARTA (Pos Kota) – Pengurus Pusat Forum Komunikasi dan Silaturahmi Dzurriyat/Keturunan (FKID) Sultan Banten segera mengukuhkan pengurus Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) DKI Jakarta yang akan dikaitkan dengan peringatan Isro Mi’raj 1434 H dan hari jadi Kota Jakarta yang ke-486.

Melalui pengukuhan tersebut,  menurut Dewan Pembina & Pengurus Pusat FKID yang juga Nazir Sultan Banten, Drs. Tubagus Ismatullah Al Abas, diharapkan bisa memenuhi kebutuhan untuk saling tukar informasi serta meningkatkan pembinaan keimanan, ketaqwaan dan akhlakul karimah sesama anggota.

“Rencana pendirian sekaligus pelantikan pengurus FKID untuk DPW DKI Jakarta, justru ingin kami jadikan momentum bersejarah. Semoga saja  tdapat menjadi motivasi untuk kemajuan Jakarta dan Banten, karena pada hakekatnya pendiri kedua provinsi ini berasal dari Dzurriyat (Keturunan – Red) yang sama yakni Eyang Syarif Hidayatullah alias Sunan Gunung Jati,” tegas Tubagus Al Abas pada Poskotanews.com.

Dijelaskannya sejarah telah mencatat bahwa Kesultanan Banten, dahulunya merupakan sebuah Kerajaan Islam yang berdiri di Provinsi Banten sekitar tahun 1526 dan berakhir tahun 1813 dengan runtuhnya Istana Sorosowan akibat peperangan melawan Belanda. Sedang Sultan pertama dipercayakan kepada Sultan Maulana Hassanuddin yang merupakan putra dari Syarif Hidayatullah (Sunan Gunung Jati).

Namun demikian, ditambahkan Tubagus Al Abas, secara estafeta trah kepemimpinan Banten tetap terjaga dari generasi ke generasi. Saat ini anak keturunan (Dzurriyah) tak hanya menetap di wilayah Banten saja, tapi juga sudah menyebar ke seluruh Nusantara dan bahkan sampai ke mancana Negara yang jumlahnya mencapai jutaan orang.

Sementara itu DR. H. Tubagus Supandi Halim S.Sos MM yang bakal dipercaya memegang tampuk pimpinan  DPW FKID DKI Jakarta, menegaskan kesiapannya. “Ini merupakan amanah sebagai upaya untuk melanjutkan perjuangan orangtua kita dahulu dalam menegakkan li illah kalimatilah, terutama bagi Dzurriyah agar terus saling mengingatkan soal kebaikan serta senantiasa berada di jalan Allah SWT,” tegasnya.

Pada acara pengukuhan yang rencananya diadakan pada 22 Juni mendatang di kantor DPW FKID DKI Jakarta di Jalan Rawajati Barat I, Pancoran, Jakarta Selatan, bakal dihadiri puluhan ribu anggota. Termasuk sejumlah pejabat di tingkat pusat serta daerah yang memiliki garis keturunan  atau trah Kesultanan Banten.

(santosa/sir)

Teks Gbr- Nazir Sultan Banten Drs.Tubagus Ismatullah Al Abas (kanan) bersama DR. H Tubagus Supandi Halim yang akan dikukuhkan sebagai Ketua FKID DPW DKI Jakarta. (ist)

Baca Juga

© "Poskota", "Poskota Online" adalah merk dagang milik PT. Media Antarkota Jaya. Poskota diterbitkan oleh PT.Media Antarkota Jaya sejak 15 April 1970 di Jakarta. Izin Usaha: SIUPP No. 0088/SK/Menpen/SIUPP A/7 1986 13 Maret 1986.