Monday, 26 August 2019

Sambut Hari Jadi Bogor, Budayawan Bagikan 531 Totopong

Senin, 3 Juni 2013 — 12:45 WIB
bagikan-totopang

BOGOR (Pos Kota) – Menjelang Hari Jadi Bogor (HJB) ke 531, yang jatuh pada hari ini, Senin 3 Juni 2013, puluhan budayawan dan seniman Kota Bogor membagikan 531 totopong (ikat kepala) kepada para pengguna jalan dan masyarakat umum lainnya, di area Tugu Kujang Jalan Pajajaran Kota Bogor.

Pembagian totopong oleh para Budayawan dan Seniman, seusai penutupan Kumbah (pencician-red) Tugu Kujang yang diprakarsai oleh FPTI (Federasi Panjat Tebing Indonesia) Kota Bogor, dan para pelajar.
“Ada 531 Totopong yang kita bagikan kepada para pengguna jalan dan masyarakat umum lainnya jelang HJB ke 531,“kata koordinator Kegiatan dan penggagas penggunaan totopong Dadang HP.

Sebelum dibagikan kepada masyarakat, secara simbolis ikat kepala dari kain batik itu diserahkan kepada Asisten Tata Praja Setdakot Bogor Ade Syarif Hidayat seusai menutup kumbah Tugu Kujang.
Dadang menyebutkan, jumlah totopong yang dibagikan berjumlah 531, sesuai usia Bogor yang sudah menginjak 531 tahun, tepatnya
pada 3 Juni ini.

“Kegiatan ini murni. prakarsa budayawan. Dan totopong yang kita bagikan merupakan sumbangan dari para donatur yang cinta terhadap budaya sunda,“ujarnya.

Menurut Dadang, penggunaan totopong sebagai bentuk sosialisasi kepada masyarakat umum, bahwa setiap 3 Juni, Bogor memperingari Hari Jadi.

“Jadi, kita ingin Ciri Poè Jadi, (ciri Hari Jadi-red) tanda “Milangkala” Bogor, “ katanya.
Karena, lanjut Dadang, meskipun sudah beberapa kali diperingati, belum semuanya masyarakat Bogor tahu, dan masih terkesan setiap HJB adalah hajatan pejabat dan aparat Pemerintah Kota Bogor.

“Jadi, dengan menggebyarkan penggunaan totopong ada cirinya, bahwa warga Kota Bogor sedang memperingati Hari Jadi Kotanya, “ kata dia,
Selain membagikan totopong yang akan dijadikan alat sosialisasi HJB sejumlah seniman, budayawan dan masyarakat Bogor juga akan melakukan babakti di sekitar Tugu Kujang.

“Kegiatan ini murni bukan demo tapi sebagai ucapan syukur bahwa Bogor sudah memasuki usia 531 tahun. Selain mengucapkan syukur kepada Allah SWT, para peserta juga akan mendoakan para karuhun Bogor, “ imbuhnya.

(yopi/sir)