Friday, 16 November 2018

Pelatih Tim Matador Pusing Cari Penggedor

Kamis, 6 Juni 2013 — 15:37 WIB
vicentepu66

MADRID (Pos Kota) – Pasca mengumumkan ke-23 pemain di Piala Konfederasi, pelatih Tim ‘Matador’ Spanyol, Vicente Del Bosque mengaku tidak memiliki penyerang yang benar-benar dapat diandalkan untuk penggedor gawang lawan. Kini, ketiga penyerang, yakni David Villa, Fernando Torres, dan Roberto Soldado akan diuji sebagai sang penggedor saat menghadapi Haiti dalam laga ujicoba di Stadion Sun Life, Miami, Florida, akhir pekan ini.

Del Bosque selama ini dikenal sebagai pelatih yang gemar menerapkan strategi ‘Penyerang Palsu’ seperti yang ia lakukan di Piala Eropa 2012. Namun ia juga tidak menampik jika adanya penyerang tunggal sewaktu-waktu akan sangat dibutuhkan di Piala Konfederasi, meski ia tidak melihat itu sebagai sesuatu yang sangat penting dalam skuadnya. “Kami akan bermain dengan seorang penyerang, itu jelas,” kata Del Bosque seperti dikutip Telegraph.

“Tapi saya tidak tahu, apakah kami akan kembali menggunakan ‘penyerang palsu’ atau penyerang tunggal. Peraturannya, setiap tim harus memainkan sang No.9 tapi kami tak menemukan penyerang yang kami suka. Mungkin itu kesalahan kami. Negredo, Torres, Soldado bahkan Villa tidak benar-benar memesonakan kami. Seorang penyerang dapat menghabiskan sepanjang pertandingan tanpa menyentuh bola, sehingga siapa pun dapat mencetak gol,” jelas Del Bosque.

Vicente Del Bosque

Menghadapi Haiti dalam laga ujicoba akhir pekan ini tampaknya dimanfaatkan Del Bosque untuk melihat sepak terjang ketiga penyerang yang dimilikinya saat berada di lapangan. Apalagi sebelumnya laga ujicoba melawan Irlandia Utara di kota New York, Jumat (7/6) batal digelar. “Kami butuh pemain di depan yang ikut berpastisipasi, seseorang yang terlihat dan secara aktif ikut ambil bagian di pertandingan,” lanjut Del Bosque.

Batalnya pertandingan melawan Spanyol sangat disesalkan pelatih Irlandia Utara, Michael O’Neill yang menilai besarnya manfaat laga itu dalam persiapan mereka pada kualifikasi Piala Dunia zona Eropa Agustus mendatang. Terakhir, Irlandia Utara takluk 0-2 dari Israel pada Kualifikasi Piala Dunia zona Eropa, Maret lalu. Partai Spanyol kontra Irlandia sebenarnya sudah ditetapkan oleh Federasi Sepakbola Dunia (FIFA).

Namun pertandingan akhirnya harus dibatalkan karena sesuatu hal. Padahal, jika laga ini digelar akan sangat menyedot animo masyarakat kota New York yang didominasi oleh etnis Irlandia. Terakhir, Irlandia Utara bermain di New York saat mereka kalah 0-2 dari Uruguay dalam laga ujicoba tahun 2006 lalu. Terkait perubahan jadwal tersebut, hingga saat ini belum ada keterangan dari FIFA. (junius)