Wednesday, 24 October 2018

10 Ribu Benih Ikan Ditebar di Saluran

Jumat, 7 Juni 2013 — 16:19 WIB
ikan1

GAMBIR (Pos Kota) – Sepuluh ribu ekor benih ikan Lele dan Nila ditebar di saluran penghubung (PHB) Abdul Muis, Gambir, Jakarta Pusat (Jakpus). Hal ini sebagai salah satu upaya untuk menciptakan kondisi saluran yang bersih dan tidak tercemar dari limbah, sehingga bisa dijadikan tempat rekreasi bagi masyarakat.

Penebaran benih ikan dilakukan Walikota Jakpus, H. Saefullah didampingi Wakil Walikota, Noor Syansu Hidayat, Jumat (7/6). Kegiatan ini dalam rangka HUT ke-486 Kota Jakarta. “Saluran yang bersih, tidak tercemar dan tertata akan lebih  bermanfaat. Apalagi kalau ada ikannya bisa jadi tempat nongkrong warga,” ujar Saefullah.

Walikota minta kepada masyarakat untuk ikut menjaga dan memelihara ikan yang dilepas di saluran PHB Abdul Muis. Karena nantinya ikan-ikan yang sudah besar tersebut bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. “Kalau sudah besar, siapa saja boleh mincing tidak dipungut bayaran,” ujar Saefullah sambil bercanda.

Dikatakan, pelepasan ikan di saluran juga untuk mengetahui sampai sejauh mana tingkat pencemaran airnya. Kalau dalam beberapa hari ikan pada mati, membuktikan kalau airnya sudah tercemar. “Kalau tercemar, kami akan minta agar perkantoran yang berada di kawasan tersebut membuang limbah air ditampung dahulu, setelah bersih baru dibuang ke saluran,” katanya.

Kasudin Pertanian dan Perikanan Jakpus, Izhom Setiawan menambahkan benih ikan Lele yang ditebar sebanyak 4000 ekor dan ikan Nila sebanyak 6000 ekor. “Dalam waktu enam bulan ikan sudah besar, satu kilo bisa 4-6 ekor,” ujarnya.

(tarta/sir)

Teks Gbr- Walikota Jakpus, H. Saefullah (ke-4 dari kiri) tengah menebar benih ikan di saluran PHB Abdul Muis. (tarta)  

  • Mangap

    di test sedikit dulu pak. sebar ke beberapa daerah. jadi tahu yang mana yang tercemar dan yan lumayan bagus. baru sebar lagi yang aman. kalau tidak sayang kalau pada mati semua. Danau juga perlu di tebar bibit ikan..