Sabtu, 8 Juni 2013 17:09:53 WIB

BKKBN Gagas Pemilihan Duta Mahasiswa GenRe

Teen-romance-n

JAKARTA (Pos Kota)- Usia kawin pertama remaja Indonesia masih relative sangat muda. Survei Demografi Kesehatan Indonesia (SDKI) tahun 2007 menyebutkan bahwa remaja memasuki masa perkawinan rata-rata pada usia 19,8 tahun.

“Artinya pada usia yang belum genap 20 tahun, remaja Indonesia sudah harus menghadapi berbagai persoalan hidup terkait dengan kehidupan perkawinannya,” papar Plt Kepala BKKBN Sudibyo Alimoeso, kemarin.

Menurut Sudibyo, usia dibawah 20 tahun bukanlah usia matang bagi seseorang untuk memulai kehidupan rumah tangga. Akibatnya jika seorang remaja memakskan diri memasuki dunia baru berupa kehidupan rumah tangga maka beberapa remaja menjadi rentan berbagai masalah mulai dari masalah kesehatan, psikologis, sosial, ekonomi, dan pendidikan.

Karena itu, BKKBN dikatakan Sudibyo terus melakukan advokasi dan sosialisasi kepada kalangan remaja agar bisa menunda perkawinan. Minimal untuk memasuki perkawinan seorang remaja harus sudah melewati usia 21 tahun.

“Usia 21 tahun cukup siap dari segala aspek. Terutama untuk perempuan yang nantinya bakal melahirkan dan menyusui anak,” lanjut Sudibyo.

Bagi BKKBN melakukan advokasi pentingnya menunda usia perkawinan remaja menjadi sangat strategis. Mengingat berdasarkan hasil sensus kependudukan tahun 2010 menyebutkan bahwa 64 juta penduduk Indonesia terdiri atas remaja.

Lebih lanjut Sudibyo mengatakan bahwa diera globalisasi seperti sekarang ini, dorongan remaja untuk menikah diusia dini sangat besar. Godaan-godaan agar remaja melakukan seks sebelum masanya terbuka lebar sebagai imbas dari pergaulan bebas, maraknya situs porno dan penyalahgunaan narkotika.

Karena itu dalam rangka meningkatkan sosialisasi dan promosi program GenRe (generasi berencana), khususnya pengembangan PIK Mahasiswa sebagai sebuah wadah pelayanan informasi dan pelayanan konseling bagi mahasiswa, maka diperlukan figur motivator dari kalangan mahasiswa. Figur motivator ini adalah Duta Mahasiswa GenRe.

Dengan peran Duta Mahasiswa GenRe, sosialisasi dan promosi program GenRe di lingkungan kampus diharapkan lebih efektif  karena komunikasi yang terjalin dilakukan dengan pendekatan dari, oleh dan untuk mahasiswa. Disamping itu, di lingkungan masyarakat secara umum icon Duta Mahasiswa GenRe dirasa memberi nilai lebih dalam melaksanakan sosialiasi program.

Pelaksanaan pemilihan Duta Mahasiswa GenRe Putra dan Putri Tingkat Nasional Tahun 2013 rencanaya dibuka oleh Plt. Kepala BKKBN Dr. Sudibyo Alimoeso, MA pada Senin, 10 Juni 2013 di Pondok Putri Duyung, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta. (inung/d)

Baca Juga

© "Poskota", "Poskota Online" adalah merk dagang milik PT. Media Antarkota Jaya. Poskota diterbitkan oleh PT.Media Antarkota Jaya sejak 15 April 1970 di Jakarta. Izin Usaha: SIUPP No. 0088/SK/Menpen/SIUPP A/7 1986 13 Maret 1986.