Wednesday, 21 November 2018

Basolia Gelar Pengobatan Massal Warga Bantaran Ciliwung

Minggu, 9 Juni 2013 — 14:58 WIB
ciliwung-sub

BOGOR (Pos Kota) – Badan Sosial Lintas Agama (BASOLIA) dan komunitas Peduli Ciliwung Bogor (KPC Bogor) mengadakan Bakti Sosial berupa Pengobatan Massal untuk warga Bantaran Ciliwung, Minggu (9/6).

Pengobatan gratis berlangsung pukul 09.00 hingga 12.00 WIB. Kegiatan pertama ini dipusatkan di Kelurahan Sempur dengan melibatkan 12 tenaga medis dan 30 relawan.

Panitia menargetkan 1000 warga akan mendapatkan pelayanan kesehatan secara cuma-cuma pada acara tersebut.
Kegiatan ini menjadi rangkaian kampanye Ciliwung Bersih Masyarakat Sehat.

Sungai Ciliwung adalah ikon Kota Bogor. Sungai ini melewati 12 kelurahan di Kota Bogor masing-masing kelurahan Sindangrasa, Katulampa, Tajur, Sukasari, Baranangsiang, Babakan Pasar, Sempur, Bantarjati, Tanah Sareal, Cibuluh, Kedung Badak dan Kedung Halang.

Sungai yang menjadi pusat budaya dan ekonomi warga kota, kini kondisi lingkungan dengan air sungai yang kurang mendapat perhatian. Kebiasaan masyarakat membuang sampah plastik dan sampah rumah tangga ke sungai, menjadikan sungai menjadi kotor. Padahal kebersihan lingkungan sekitar erat kaitannya dengan kesehatan.

Beberapa penyakit disebabkan karena buruknya sanitasi dan sumber air yang tidak layak pakai.
Inisiatif untuk melakukan tindakan preventif dan kuratif harus terus digalakkan.
Hal inilah yang menantang Basolia  untuk peduli pada icon Kota Bogor ini.

Komunitas Peduli Ciliwung Bogor (KPC Bogor) dan Basolia (Badan Sosial Lintas Agama) merupakan elemen yang peduli.
Bukan hanya air sungai yang menjadi perhatian mereka, kesehatan warga yang bermukim di banataran kali juga sangat diperhatikan.

Komunitas ini lalu mengadakan pengobatan cuma-cuma bagi masyarakat pinggiran Sungai Ciliwung.
“Bakti sosial ini rutin diadakan BASOLIA, namun ini adalah kali pertama kami laksanakan bersama KPC untuk warga bantaran Ciliwung, sebagai bagian dari harapan Ciliwung Bersih Masyarakat Sehat. Semoga masyarakat merasakan langsung manfaat kegiatan ini,” kata Arifin Himawan, Ketua Panitia Bakti Sosial.

Kegiatan baksos yang pertama akan dilaksanakan Hari Minggu, tanggal 9 Juni 2013 di Kelurahan Sempur. Jadwal kegiatan di sebelas kelurahan lainnya akan menyusul, disesuaikan dengan kondisi.

Dari kegiatan ini diharapkan bisa meningkatkan taraf hidup kesehatan masyarakat sekitar Sungai Ciliwung di Kelurahan Sempur, edukasi higinitas dan sanitasi kesehatan masyarakat terkait Sungai Ciliwung.

“Kami siap membantu warga bantaran Ciliwung untuk pengobatan massal besok. Ada 12 dokter dan 30 relawan yang akan melayani warga pada Bakti Sosial Ciliwung Bersih Masyarakat Sehat. Ada aspek kesehatan yang perlu disampaikan, warga perlu tahu bahwa kebersihan air erat kaitannya dengan kesehatan masyarakat,” tambah Dr. Yenny Vandalita, salah satu dokter yang turun langsung pada kegiatan ini.

(yopi/sir)