Senin, 10 Juni 2013 05:52:41 WIB

Flona 2013: Pohon Buah Ajaib Diminati Pengunjung

fona106

SAWAH BESAR (Pos Kota) – Pameran Flona yang digelar Dinas Pertamanan DKI Jakarta di Lapangan Banteng, , Jakarta Pusat,  tidak hanya menyediakan beragam tanaman hias dan buah-buahan. Tumbuhan langka juga dipamerkan, termasuk  pohon buah ajaib (miracle fruit).

Dikatakan pohon buah ajaib karena buahnya dapat berubah rasa, dari sebelumnya rasa asam, pahit atau tidak enak, bisa menjadi manis dan enak. “Kalau sudah makan buah ajaib ini,  kalau makan apa saja rasanya jadi enak, termasuk asem atau pahit dapat berubah manis. Tapi rasanya hanya bertahan dalam waktu satu jam,” kata Edi Soesanto, pemilik Stand Tebu Wulung Nursery, Minggu (9/6). Di stand ini Edi menyediakan berbagai macam tanaman langka.

Pohon ajaib bila sudah besar dengan ukuran sekitar 1 meter, harganya cukup  mahal. Sebatang bisa mencapai jutaan rupiah.  Namun, untuk bibit yang tingginya sekitar 20  centimeter harganya berkisar Rp50 ribu/batang. Pengunjung pameran Flona banyak berminat pada pohon ajaib tersebut.

TANAMAN LANGKA

Beberapa tanaman langka juga dipamerkan di antaranya Kesemek, Mundu manis, Abiu (sawo Australia), Rambutan Hitam, Kedondong Merah, Plum Merah Australia, Ceremai, Sawo Sapote, Sirsak Ratu, Asam, Kapulasan, Long Murbey yang buahnya beratnya bisa 1,5 kilogram,  serta Kawista yang biasanya dibuat dodol dan sirup.

Harga pohon langka tersebut bervariasi tergantung dari usia, masih berupa bibit atau sudah berbuah. Untuk yang telah berbuah seperti Mundu Manis harganya Rp3 jutaan. “Biasanya yang mencari tanaman langka adalah para kolektor tanaman,” ujar Edi.

Pengunjung pameran Flona, kemarin terlihat membludak. Banyak di antara  mereka membru tanaman hias dan buah-buahan, termasuk pohon buah ajaib. (tarta/st/ird)

Teks photo:
Pohon buah ajaib (mircale fruit) yang dapat mengubah rasa. (tarta)   

Baca Juga

© "Poskota", "Poskota Online" adalah merk dagang milik PT. Media Antarkota Jaya. Poskota diterbitkan oleh PT.Media Antarkota Jaya sejak 15 April 1970 di Jakarta. Izin Usaha: SIUPP No. 0088/SK/Menpen/SIUPP A/7 1986 13 Maret 1986.