Monday, 27 May 2019

Mogok Narik Penumpang Telantar

Gaji Sopir Bus TransJakarta Pinang Ranti Tidak Jelas

Senin, 10 Juni 2013 — 22:48 WIB
pinangranti106

MAKASAR (Pos Kota) – Tida digaji satu bulan, 150 karyawan Bus TransJakarta di PT Jakarta Express Trans, Pinang Ranti, Jakarta Timur, mogok kerja, Senin (9/6). Akibatnya penumpang sempat terlantar.

Karyawan terdiri dari sopir dan teknisi mengaku tunjangan selama enam bulan belum
Karyawan yang mogok mengaku gaji dibayar masih sesuai upah minimum Provinsi DKI Jakarta tahun 2012 sebesar Rp 1,5 juta perbulan ditambah upah tambahan Rp 200.000.

Direktur Operasional PT JET, Payaman Manik menjelaskan, pemogokan sopir dan teknisi disebabkan dua faktor. Pertama, mereka mempertanyakan kepastian kerja karena kontrak PT JET sebangai operator Bus Transjakarta dengan Pemprov DKI berakhir 14 juni, dan sampai sekarang belum ada kepastian.

Kedua, terkait rapelupah tambahan Rp 200.000 perbulan belum dapat diberikan kepada sopir dan teknisi karena UP Transjakarta .”Bahkan sejak tahun 2007 hingga sekarang, UP Transjakarta belum memberikan penyesuaian upah kepada sopir dan teknisi PT JET. Penyesuaian itu hanya kami lakukan sendiri,” kata Payaman.

Menurut Payaman, penyesuaian upah itu dapat dibandingkan dengan upah sopir dan teknisi di Koridor XI dan XII yang saat ini tiga setengah kali UMP DKI. Sementara upah sopir dan teknisi Koridor I dan X di PT JET masih satu kali UMP, dan itu pun mengikuti UMP DKI 2012.

“Kami sudah menghadap Wakil Gubernur Ahok (Basuki Tjahaja Purnama), dan Pak Ahok pun meminta kami segera melakukan penyesuaian itu. Namun masalahnya UP Transjakarta sendiri yang belum dapat mencairkannya. UP Transjakarta menjelaskan, masih terkendala di BPKP ” kata Payaman. (M1)

Teks : Penumpang Bus Transjakarta menunggu di halte busway Pinang Ranti/Tamini Square.M1

  • opunk

    semut di seberang lautan terlihat…tapi gajah di pelupuk mata tak nampak…..keman jokowi..apa tiap hari cuma blusukan aja kerjanya..ini termasuk permasalahan..transportasi yg dirasakan langsung oleh masyarakat…sudah kelehan ya..Joko – Ahok….ha…ha….ini jakarta bung bukan solo