Monday, 27 May 2019

Belum Ada Rencana Pasti Pengosongan Terminal Baranangsiang

Selasa, 11 Juni 2013 — 7:18 WIB
siangbarang116

BOGOR (Pos Kota) – Meski Walikota Bogor Diani Budiarto sudah menegaskan revitalisasi Terminal Baranangsiang bakal dilakukan pekan ini, kenyataannya aktivitas terminal masih sama seperti sedia kala. Bahkan DLLAJ Kota Bogor masih menyiapkan bahan buat sosialisasi kepada pemilik dan awak bus serta pedagang.

“Belum ada rencana pasti pengosongan terminal dalam minggu-minggu ini.Terminal Baranangsiang tetap beroperasi seperti biasa,” kata Kepal DLLAJ Kota Bogor Suharto,Senin. Pihaknya sampai pekan ini masih menyusun bahan sosialisasi rencana optimasilisai terminal ini.

“Pegosongan akan kita lakukan setelah pihak-pihak yang berkepentingan benar-benar paham tentang konsep terminal yang akan kita bangun itu. Sehingga tidak ada lagi aksi penolakan dengan melakukan pemblokiran atau mogok massal,” tambahnya.

Menurutnya, dari hasil pertemuan dengan sejumlah wakil pemilik dan awak bus serta pedagang pada Kamis (5/6) lalu disepakati, penundaan pengosongan terminial sampai batas waktu yang tak bisa ditentukan. “Sedangkan revitalisasi tetap akan dilakukan,”katanya.

Dia juga menyebutkan pihaknya sudah melakukan rapat evaluasi dengan dinas terkait termasuk dengan anggota DPRD Kota Bogor. Rapat tersebut membahas sejumlah masalah soal revitalisasi terminial ini, di antaranya pembahasan strategi penanganan polusi udara, amdal lalin, dan sanitasi serta syarat-syarat terkait infrastruktur lainnya.

Sedangkan investor, lanjutnya sudah siap merivitalisasi terminal ini dengan investasi Rp 462,86 miliar dengan kerja sama Bangun Guna Serah (BGS) di lahan seluas 21.415 meter selama 30 tahun atau sampai 28 Juni 2042.

Selama Terminal Baranangsiang direvitalisasi, bus-bus kecil dan sedang yang beroperasi di Bogor utara dan barat akan dialihkan ke Teminial Bubulak. “Mudah-mudahan Terminal Bubulak kembali menggeliat yang selama ini sepi,” katanya. Sedangkan bus-bus besar angkuatan antarprovinsi dan bus kecil arah Cianjur dan Sukabumi dialihkan ke Terminal Wangun. ”Kelak terminal ini aka menjadi cikal bakal subterminal di Kota Bogor,” jelasnya.(iwan)

Terminal Baranangsiang