Wednesday, 19 September 2018

Portugal Kalahkan Kroasia 1-0, Ronaldo Masih Punya Taji

Selasa, 11 Juni 2013 — 11:40 WIB
ronaldo-portugal

JENEWA (Pos Kota) – Bintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo kembali menjadi sorotan setelah berhasil mencetak satu-satunya gol penentu kemenangan timnas Portugal atas Kroasia 1-0 pada laga ujicoba di Stadion Jenewa, Selasa, (11/6) dinihari WIB tadi.

Meski bertajuk laga ujicoba, namun gol tersebut menandakan bahwa Ronaldo masih memiliki taji setelah mengalami puasa gol dalam tiga laga yang dilakoninya bersama tim berjuluk Seleccao Eropa tersebut.

Terakhir kali, Ronaldo berhasil mencetak gol untuk Portugal saat kalah oleh Ekuador dalam laga ujicoba 6 Februari lalu. Namun sejak saat itu, ketajaman Ronaldo di lini depan seolah sirna, meski Seleccao Eropa tak pernah kalah dalam tiga laga terakhir di Kualifikasi Piala Dunia 2014 zona Eropa Grup F. Bermain imbang 3-3 dengan Israel pada 22 Maret lalu, Portugal berhasil menekuk Azerbaijan 2-0 sebelum mengalahkan Rusia 1-0, 7 Juni lalu.

Kali ini Ronaldo berhasil mengakhiri puasa golnya dengan menjebol gawang Kroasia, kawalan Danijel Subasic. Berawal dari umpan silang Silvio di sisi kiri pertahanan Kroasia. Bola langsung dipantulkan Silvestre Varela kepada Ronaldo. Pemain termahal dunia itu kemudian melepaskan tendangan keras kaki kiri. Meski tiga pemain Kroasia berusaha menghalau tendangan Ronaldo, bola tetap meluncur deras ke kanan bawah gawang lawan.

Itu menjadi satu-satunya gol yang tercipta di laga tersebut, sekaligus memastikan kemenangan Portugal 1-0. “Itu adalah gol pertamanya sejak terakhir ia mencetak gol ke gawang Ekuador. Saya senang karena kini dia sudah kembali berada dalam bentuk performa terbaiknya, meski ini hanyalah laga ujicoba. Saya harap apa yang ia perlihatkan hari ini bisa memberikan suntikan motivasi bagi tim untuk terus berjuang lolos ke Piala Dunia di Brasil tahun depan,” kata pelatih Portugal, Paulo Bento, usai pertandingan.

Sedangkan bagi Kroasia, hasil ini menandakan jika skuad besutan Igor Stimac itu harus mulai berbenah. Sebelumnya Kroasia, secara mengejutkan takluk 0-1 atas tamunya Skotlandia pada lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2014 zona Eropa di Grup A. “Kami punya tugas yang berat untuk kembali pada performa terbaik kami. Perjuangan kami menuju Piala Dunia 2014 masih panjang dan kami harus melakukan apa yang terbaik untuk tim ini,” tegas Stimac.

Baik Portugal dan Kroasia, laga ujicoba di Jenewa sekaligus menjadi laga internasional terakhir kedua tim sebelum kembali memulai perburuan poin di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2014 zona Eropa pada September mendatang. Portugal akan menyambangi Irlandia Utara, sementara Kroasia melawat Serbia.

(junius/sir)