Monday, 16 September 2019

Tidak Melunasi BPIH

473 Calhaj di Bekasi Batal Berangkat

Kamis, 13 Juni 2013 — 14:39 WIB
haji-bekasi

BEKASI (Pos Kota) Sebanyak 473 orang calon jamaah haji atau setara dengan satu kelompok terbang lebih, asal  Kota dan Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, batal menunaikan ibadah haji pada tahun 2013/1434 H. Pembatalan ini karena mereka yang sudah masuk porsi tahun ini, sampai batas waktu pelunasan berakhir (12 Juni 2013), tidak juga melunasi Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH).

“Banyak alasan kenapa mereka membatalkan ibadah haji,” ujar Muzani, Kaasie Haji dan Umroh Kemenag Kota Bekasi, saat dihubungi Pos Kota, Kamis (13/6) siang. Dia menuturkan alasan yang terbanyak karena hamil, masih punya anak kecil dan pendamping tidak masuk porsi, “Kalau keuangan hanya beberapa persen saja,” ujarnya.

Di Kota Bekasi, tahun 2013 ini jumlah kuota haji sebanyak 2.309 jamaah, namun yang melunasi sampai batas akhir pembayaran hanya 1.997 jamaah, jadi calon jamaah yang membatalkan sebanyak 312 jamaah.

KABUPATEN BEKASI

Sementara itu Shobirin, Kasie Haji dan Umroh Kemenag Kabupaten Bekasi, mengatakan calon jamaah yang melunasi BPIH sampai batas akhir sebanyak 2.104 jamaah dengan kuota haji yang diterima sebanyak 2.365, “jadi ada yang membatalkan diri sebanyakk 161 jamaah.

“Untuk wilayah Kabupaten Bekasi, persoalannya sama, mereka tidak dapat melunasi, karena hamil, anaknya masih kecil dan juga ada yang untuk melunasi belum ada, “ujarnya, sambil mengatakan ada juga yang meninggal dunia.

Para calon jamaah haji di Kota dan Kabupaten Bekasi, saat masih melakukan pengurusan manifes dan kesehatan, manifes berupa pembuatan paspor dan kesehatan awal dengan general chekup untuk bahan penulisan buku kesehatan haji.

(saban/sir)