Tuesday, 18 September 2018

Muhammadiyah 9 Juli 2013

Awal Ramadhan Mungkin Berbeda

Kamis, 13 Juni 2013 — 18:41 WIB
bedug

JAKARTA (Pos Kota)- Diperkirakan umat muslim Tanah Air akan melaksanakan ibadah puasa bulan Ramadhan tahun ini tidak serempak. Karena Pimpinan Pusat Muhammadiyah sudah menetapkan awal Ramadhan 1434 Hijriah/2013 Masehi jatuh Selasa, 9 Juli 2013.

Sementara itu, pemerintah melalui Kementerian Agama baru menetapkan awal Ramadhan melalui Sidang Istbat yang digelar 8 Juli 2013, sehingga kemungkinan pemerintah menetapkan awal Ramadhan tanggal 10 Juli 2013

Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama Abdul Djamil yang dihubungi di Jakarta, Kamis sore mengatakan Sidang Istbat akan dipimpinan Menteri Agama Suryadharma Ali dan dihadiri pimpinan organisasi kemasyarakatan Islam, seperti Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama dan ormas Islam lainnya. “Jadi penetapan awal Ramadhan kita menunggu keputusan Sidang Istbat,” kata Abdul Djamil.

Ketua Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah Prof Syamsul Anwar yang dihubungi Kamis sore, mengatakan keputusan Muhammadiyah menetapkan awal Ramadhan 9 Juli 2013 hasil musyawarah Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah. Syamsul mengatakan penetapan awal Ramadhan tanggal 9 Juli 2013 itu berdasarkan hisab ‘hakiki wujudul hilal’.

Penetapan awal Ramadhan ini sudah ditandatangani Ketua Umum PP Muhammadiyah, Din Syamsuddin dan Sekretaris Umum PP Mummadiyah, Danarto, seperti tertuang dalam Maklumat No.04/MLM/I.0/E/2013 tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadhan, Syawal dan Dzulhijjah 1434 H tertanggal 23 Mei 2013.

Syamsul mengharapkan apabila terjadi perbedaan dalam penetapan awal Ramadhan, dirinya meminta kepada semua pihak untuk saling menghormati keyakinannya masing-masing, artinya jika ada perbedaan tidak perlu dibesar-besarkan.

Saat ditanya apakah Muhammadiyah akan mengirim utusannya pada Sidang Istbat yang akan digelar Kementerian Agama?, Syamsul menjawab masalah itu tergantung keputusan PP Muhammadiyah.

Syamsul sendiri menilai keputusan Muhammadiyah yang menetapkan awal Ramadhan jatuh pada tanggal 9 Juli 2013 memiliki metode yang berbeda dengan metode pada Sidang Istbat yang menerapkan metode rukyatul. (Johara)