Kamis, 13 Juni 2013 07:14:01 WIB

KPU Sukabumi Tetapkan 329 Caleg Masuk DCS

dcssuk136

SUKABUMI (Pos Kota) – Sebanyak 329 calon legislatif (caleg) dinyatakan masuk daftar calon sementara (DCS) di Kota Sukabumi, Jawa Barat. Kepastian jumlah itu berdasarkan rapat pleno di Kantor KPUD Kota Sukabumi,Rabu (12/6). Mereka akan memperebutkan kuota kursi sebanyak 30 kursi DPRD.

Ketua KPU Kota Sukabumi, Anton Rahman mengatakan jumlah pendaftar caleg seluruhnya 361 orang. Dari jumlah itu, ada dua bacaleg asal Partai Demokrat yang dicoret. Sehingga jumlah bacaleg yang masuk ke DCS menjadi 329 orang.

“Ada dua bacaleg yang dicoret karena tidak memenuhi persyaratan hingga batas akhir perbaikan berkaskeduanya tetap tidak memperbaiki. Dari 361 bacaleg yang mendaftar untuk maju di Pemilihan Legislatif 2014 mendatang yang ditetapkan menjadi DCS hanya 329 orang,” kata Anton.

Dijelaskan Anton, ada empat bacaleg lainnya dinyatakan belum memenuhi syarat atau BMS. Hanya saja, keempat bacaleg tersebut sudah masuk ke dalam DCS dan akan diberikan kesempatan sampai 1 Agustus untuk memperbaiki syaratnya. Menurut Anton, keempat calon itu BMS karena masih terdaftar menjadi PNS aktif, bekerja di BUMD dan mencalonkan diri dari partai lain padahal bacaleg tersebut merupakan incumbent.

“Jika dalam waktu yang telah ditentukan keempat bacaleg ini tidak bisa memenuhi persyaratan maka bisa saja dicoret dan tidak bisa masuk daftar caleg tetap. Keempatnya belum melampirkan surat pengunduran diri dari lembaganya masing-masing,” terangnya.

Masih kata Anton, seluruh bacaleg yang masuk DCS akan diumumkan dan diberikan waktu lima hari kepada publik. Jika ada laporan dari masyarakat menyatakan bacaleg bersangkutan tidak layak, maka laporan tersebut akan ditindaklanjuti dan meminta klarifikasi dari bacaleg dan parpol terkait.

Wakil Ketua I DPC Partai Demokrat Kota Sukabumi, Rahmat Hidayat membenarkan adanya dua bacalegnya yang dicoret oleh KPU dari pencalonan. Menurut Rahmat, kedua bacaleg ini hanya mengisi formulir pendaftarannya saja tetapi tidak melengkapi persyaratan.

“Semuanya kami menyerahkan kepada KPU atas pencoretannya. Kami sudah beberapa kali menyuruh kedua bacaleg bersangkutan tapi tetap tidak melengkapi persyaratan,” tandasnya. (sule)

Teks :Komisioner KPU Kota Sukabumi saat mengumumkan DCS bacaleg di Kantor KPU Kota Sukabumi

Baca Juga

© "Poskota", "Poskota Online" adalah merk dagang milik PT. Media Antarkota Jaya. Poskota diterbitkan oleh PT.Media Antarkota Jaya sejak 15 April 1970 di Jakarta. Izin Usaha: SIUPP No. 0088/SK/Menpen/SIUPP A/7 1986 13 Maret 1986.