Saturday, 17 November 2018

Rp1,4 Miliar, Target PAD Pariwisata Sukabumi

Selasa, 18 Juni 2013 — 18:16 WIB
Pantai Pelabuhan Ratu

SUKABUMI (Pos Kota) – Pendapatan Asli Daerah (PAD) sektor pariwisata di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat tahun ini ditarget Rp1,4 miliar.

Besaran target ini dinilai bisa tercapai terutama dari sejumlah objek wisata andalan terutama keindahan laut. Hingga memasuki setengah semester, besaran PAD mencapai 50 persen.

Kepala Dinas Pemuda, Olaharaga, Budaya dan Pariwisata (Disporabudpar) Kabupaten Sukabumi, Tendy Hendrayana mengaku optimis besaran PAD dari sektor pariwisata akan tercapai.

Diakui Tendy, buruknya infrastruktur jalan menuju obyek wisata merupakan salah satu factor penghambat pendapatan daerah dari sektor pariwisata. Padahal upaya peningkatan pendapatan sudah dilakukan dengan gencarnya promosi obyek wisata alam.

“Sudah dua tahun tahun terakhir, pendapatan daerah mampu mencapai angka Rp1,4 Milyar. Pemda terus melakukan upaya pembenahan fasilitas di sejumlah obyek wisata, salah satunya pembuatan jogging track di kawasan pantai,” tutur Tendy.

Sementara itu Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Asep Wahyu NB mengatakan selama ini sector wisata lebih mengandalkan factor tradisi masyarakat.

Contohnya tradisi Papajar yang dilakukan masyarakat menjelang bulan ramadhan atau juga tradisi kumpul bareng dengan mengunjungi obyek wisata pascalebaran. (sule/d)