Wednesday, 22 May 2019

Rebut Piala Konfederasi

Belum Jaminan Brasil Juara Dunia

Senin, 1 Juli 2013 — 22:02 WIB
zil17

RIO DE JANEIRO (Pos Kota) – Kiblat sepak bola dunia boleh saja kembali mengarah ke Brasil pasca menjadi jawara Piala Konfederasi setelah menggilas Spanyol 3-0 di Stadion Maracanã, Senin (1/7) pagi WIB. Namun, sukses itu belum cukup menjamin Tim Samba bakal mampu meneruskan dominasinya dengan menjuarai Piala Dunia mendatang ini.

Brasil terakhir menjuarai Piala Dunia yang digelar di Korea Selatan-Jepang 2002. Banyak kalangan menilai jika sukses Brasil menjuarai Piala Konfederasi tahun ini, menjadi pertanda kebangkitan Tim Samba di Piala Dunia tahun depan. Namun, hal itu tidak membuat pelatih Luiz Felipe Scolari terlalu yakin, meski ia juga mengakui meningkatnya grafik performa Thiago Silva Cs.

“Kami tidak pernah memprediksi bisa menang dengan skor telak 3-0.  Tapi, kami tahu laga ini tidak menjamin kami bisa meneruskannya di Piala Dunia tahun depan. Karena kompetisi itu akan lebih sulit. Namun, setidaknya kami sudah dapat berevolusi dan tumbuh dengan kinerja bagus. Ini adalah pesan pada seluruh Brasil. Kami bisa membuktikan bahwa dengan bersatu, kami bisa terus melangkah ke depan,” kata Scolari kepada SporTV.

JALUR BENAR
“Ini lebih dari sekedar gelar juara karena kami telah menunjukkan bahwa kami berada di jalur yang benar. Sekarang kami merasa lebih percaya diri. Ini akan menciptakan situasi dan lingkungan yang lebih baik. Selain itu dukungan yang kami terima dari penonton di dalam dan luar lapangan juga luar biasa. Kami harus selalu mendapatkan hal seperti ini di negara sendiri,” lanjut Scolari.

Pernyataan Scolari ini mengingatkan ‘kutukan’ Brasil di Piala Dunia. Tim Samba selalu gagal menjuarai Piala Dunia setelah sukses menjadi jawara di Piala Konfederasi. Hal itu dimulai sejak mereka menjadi jawara Piala Konfederasi 1997 di Arab Saudi. Setahun kemudian Brasil kalah dari Prancis di partai final Piala Dunia 1998. Begitu juga di Piala Konbfederasi tahun 2005 dan 2009.

Di sisi lain, Spanyol yang disebut-sebut sebagai kiblat sepak bola dunia dalam beberapa tahun terakhir, menjadi salah satu jawara dunia yang gagal menjadi juara di Piala Konfederasi. Spanyol bahkan harus takluk dengan skor telak 0-3 lewat gol Fred di menit kedua dan 48 dan Neymar (44′), sebelum mereka menyudahai laga dengan 10 pemain akibat kartu merah Gerard Pique pada menit ke- 68. (junius/si/o)

Teks : Timnas Brasil juara Piala Konfederasi