Friday, 20 September 2019

Calon Haji Dari Bekasi Harap-harap Cemas

Selasa, 2 Juli 2013 — 17:40 WIB
harapcemas27

BEKASI (Pos Kota)-Puluhan calon jamaah haji (Calhaj) tahun 1434 H/2013 asal Kabupaten Bekasi, resah setelah pihak Kementrian Agama Kabupaten Bekasi mengumumkan batas nomor porsi yang dapat berangkat, “Saya trenyuh mendengar pengumuman itu,” ujar Endang Barnas, satu pengurus Kelompok Ibadah Haji (KBIH) Tambun Selatan.

Lewat Kasie Haji dan Umroh Kemenag Kabupaten Bekasi, batas porsi yang dapat berangkat adalah Nomor Porsi 1000343135, “Tetapi ini estimasi saja dan belum pasti,” ujar Shobirin, Kasie Haji dan Umroh Kemenag Kabupaten Bekasi, saat dihubungi Pos Kota, Selasa 2/7.

Menurut Shobirin, estimasi itu diperlukan supaya Calhaj dari batas nomor tersebut tahu lebih dulu, sehingga tidak tidak terlalu lama. Namun Shobirin menyebutkan batas nomor porsi tersebut bukan menjadi patokan, “Kalau Peraturan Menteri Agama (PMA) tentang Jemaah Haji Manula boleh berangkat, akan bergeser lagi ke nomor yang lebih muda,” tegas Shobirin.

Saat ini jumlah Calhaj Manula di Kabupaten Bekasi 21 orang, kalau PMA diberlakukan berarti berkurang 21 nomor, “Jadi estimasinya seperti itu,” lanjut Shobirin, sambil mengatakan, saat ini pihaknya sudah mulai mensortir paspor milik Calhaj yang dapat berangkat.

BELUM TAHU

Muzani, Kasie Haji dan Umroh Kemenag Kota Bekasi, belum berani mengumumkan estimasi Calhaj yang berangkat, “Kami belum berani karena pijakannya tidak ada,” tandasnya. Dia mengatakan dalam waktu dekat ini setelah PMA keluar baru diumumkan.

Akibat lambatnya estimasi tersebut saat ini Calhaj asal Kota Bekasi, masih belum tenang. Ini terlihat dari beberapa penyelenggaran manasik haji yang diselenggarakan Kemenag Kota Bekasi.

Jumlah Calhaj Kabupaten Bekasi sebelum ada pengurangan yang sudah melunasi Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) sebanyak 2.119 jamaah, sedangkan di Kota Bekasi, jumlah yang melunasi sampai batas akhir pembayaran hanya 1.997 jamaah.

Kuota Calhaj Kota sebanyak 2.309 orang, mendapat pemotongan 20 persen yang tidak berangkat 461 orang, sedangkan di Kabupaten Bekasi kuota haji sebanyak 2.365 yang tidak berangkat 473 orang . (saban)

Teks: Petugas Haji Kabupaten Bekasi saat mensortir paspor Calhaj yang akan berangkat tahun 1334 H/2013 M