Sunday, 25 August 2019

17.790 Bangku Kosong Diperebutkan PPDB Tahap II

Jumat, 5 Juli 2013 — 13:26 WIB

JAKARTA (Pos Kota) – Proses Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) tahap I dari jalur umum dan lokal telah ditutup. Hasilnya 17.790 bangku kosong dan akan dibuka pada pendaftaran tahap II,

Berdasarkan data Dinas Pendidikan DKI Jakarta belasan ribu bangku kosong tersebar di seluruh tingkatan. Kecuali SMA. Yakni Sekolah Dasar (SD) ada sebanyak 17.373 bangku, lalu Sekolah Menengah Pertama (SMP) sebanyak 351 bangku dan Sekolah Menengah Kejuruan sebanyak 66 Bangku.

Untuk SMA semua calon peserta didik baru mendaftarkan diri kembali pada waktu yang telah ditentukan.
Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Taufik Yudi Mulyanto, adanya bangku kosong ini lantaran banyak siswa yang tidak melapor diri usai diterima di sekolah yang bersangkutan.

“Jadi hanya SMA Negeri yang tidak ada bangku kosong, semua sekolah tingkatan SMAN di Jakarta sudah penuh. Sehingga pada PPDB online tahap dua, pendaftaran untuk SMAN tidak akan dibuka lagi,” kata Taufik, Jumat (5/7).

Selanjutnya, 17.790 bangku kosong itu akan diperebutkan pada pelaksanaan PPDB online tahap II. Pendaftaran akan dilakukan pada tanggal 8-10 Juli mendantang. PPDB tahap II ini hanya diperuntukan untuk jalur lokal saja.

“Bagi calon peserta didik yang orangtuanya memiliki KTP dan kartu keluarga (KK) DKI Jakarta bisa mendaftarkan dirinya pada tahap II ini. PPDB online ini hanya berlaku untuk jalur zona sekolah saja atau jalur lokal,” ujarnya.
Jalur lokal diperuntukkan bagi calon peserta didik yang bertempat tinggal di Provinsi DKI Jakarta dibuktikan dengan kartu keluarga (KK).

Seperti diketahui, mulai tahun ini Dinas Pendidikan menerapkan PPDB online dengan sistem zona sekolah. Untuk tingkat SD Negeri berdasarkan kelurahan, tingkat SMPN berdasarkan zona kecamatan, tingkat SMAN berdasarkan rayon sekolah yang terdiri dari dua hingga 5 kecamatan.

Sedangkan dalam PPDB SMK Negeri tidak diterapkan sistem zona sekolah. Karena penyebaran SMK dengan program jurusannya tidak merata di semua wilayah.

(guruh/sir)