Wednesday, 25 April 2018

Saat Mau Diperiksa KPK

Gubernur Riau Kok Selalu Lewat Pintu Belakang?

Jumat, 5 Juli 2013 — 17:47 WIB
gubernur

JAKARTA (Pos Kota) – Terkait kasus penerimaan hadiah pengajuan anggaran Pemprov Riau, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali menjadwalkan pemeriksaan Gubernur Riau, Rusli Zainal, sebagai tersangka, Jumat (5/7).

Agenda pemeriksaan tersebut merupakan yang kesekian kali bagi Rusli. Namun, sejak ditahan di sel yang berlokasi di basement Kantor KPK, dirinya tidak pernah terlihat datang menjalani pemeriksaan melalui pintu utama. Diduga politisi Partai Golkar itu masuk lewat pintu dalam di gedung KPK.

Kondisi ini seakan tidak lazim. Sebab, setiap tahanan KPK yang hendak memenuhi pemeriksaan baik sebagai tersangka maupun saksi selalu memenuhi panggilan dengan melewati pintu utama.

Terkait pemeriksaan hari ini, Kepala Bagian Pemberitaan dan Informasi KPK, Priharsa Nugraha, membenarkan, mantan Bupati Kabupaten Indragiri Hilir itu akan diperiksa dalam kapasitasnya sebagai tersangka kasus-kasus dugaan korupsi yang membelitnya.

“Diperiksa dalam kapasitasnya sebagai tersangka,” kata Priharsa, Jumat (5/7).

KPK menetapkan Rusli sebagai tersangka korupsi pemberian izin Usaha Pemanfaatan Hasil Hutan Kayu Hutan Tanaman (IUPHHK-HT) di Kabupaten Siak dan Pelalawan, 2005-2006. Tak hanya itu, ia juga ditetapkan sebagai tersangka dugaan korupsi kasus pembahasan Perda nomor 6 tahun 2010 soal PON Riau.

Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Golongan Karya bidang Hubungan Eksekutif-Legislatif itu diduga menerima suap untuk meloloskan pembahasan Perda tersebut. Kemudian, terkait pembahasan Perda nomor 6 tahun 2010 soal PON Riau, dia juga disangkakan menyuap sejumlah anggota DPRD Provinsi Riau. (yulian)