Pedagang Kembang TPU Menteng Pulo Raup Rp.500 Ribu per Hari

Sabtu, 6 Juli 2013
Pedagang kembang TPU Menteng Pulo03

SETIABUDI (Pos Kota) – Banyaknya warga yang berziarah ke makam keluarga menjelang bulan puasa berimbas pada penghasilan warga di sekitar tempat pemakaman umum (TPU).

Pedagang kembang TPU Menteng Pulo02

Ny. Isur, 36, warga Setiabudi, Jakarta Selatan yang berdagang kembang di TPU Menteng Pulo – Yulian

Setidaknya hal itu terpantau di TPU Menteng Pulo, Setiabudi, Jakarta Selatan, Sabtu (6/7).

Seperti yang dialami oleh Ny. Isur, 36, warga Setiabudi, Jakarta Selatan. Ramainya peziarah di TPU Menteng Pulo ia manfaatkan untuk mencari laba dengan berjualan bunga tabur, kembang sedap malam, air mawar, dan sebagainya.

Hasilnya, keuntungan berlipat ganda berhasil ia raup. “Lumayan dari pagi sampe sore tadi bisa mengantongi Rp500 ribu,” katanya, saat ditemui Pos Kota, Sabtu (6/7) sore.

Pedagang kembang TPU Menteng Pulo01

Keuntungan lebih besar dirasakan Ny. Andri, 40. Dirinya berhasil memperoleh pengasilan lebih dari Rp1 juta. “Iya, ini belum begitu rame. Besok mungkin bisa dapat lebih, karena kalau hari Minggu biasanya akan lebih rame lagi peziarahnya,” ujarnya.

Mereka berdua merupakan pedagang musiman yang hanya berdagang kembang di kala peziarah banyak berdatangan. Untuk perkantong bunga tabur, mereka kompak menjual seharga Rp5.000, dan air mawar Rp5.000 per botol.

“Ada juga kembang sedap malam, Rp10 ribu per rangkaian, dan per batangnya Rp2.000,” paparnya, menawarkan.

Selain kedua orang tersebut ada juga warga sekitar yang mencari rezeki dengan menjaga parkiran motor dan membantu membersihkan makam.

Ny. Yati, 35, salah satunya. Dengan berbekal sapu lidi dan ia menawarkan jasanya untuk membersihkan makam. Kadang juga tangannya membantu mencabuti atau memotong rumput yang tumbuh liar dan berantakan.

“Upahnya seikhlasnya aja. Saya mah ga matokin,” kata dia yang berhasil mengantongi Rp50 ribu dari membantu membersihkan tujuh makam keluarga.

Sementara, Basri, 32, warga lainnya, berhasil mengantongi Rp800 ribu dari menjaga parkir motor dan mobil. “Tapi ini juga nanti kami bagi-bagi sama kawan yang ikut bantu di parkiran,” ujarnya.

Banyaknya mobil yang keluar masuk dan parkir di pinggir jalan depan TPU Menteng Pulo juga tak pelak menimbulkan kemacetan. Pengendara terpaksa berjalan pelan ketika melintas di jalan sekitar TPU tersebut. (yulian)

Teks Gambar: Pedagang bunga tabur di TPU Menteng Pulo. (yulian/d)

Tentang Kami

Poskota

Poskota, Poskotanews, Poskota Online adalah merk dagang milik PT. Media Antarkota Jaya. Poskota diterbitkan oleh PT. Media Antarkota Jaya sejak 15 April 1970 di Jakarta. Izin Usaha: SIUPP No. 0088/SK/Menpen/SIUPP A/7 1986 13 Maret 1986.