Thursday, 19 September 2019

Gusur Spanyol di Perempatfinal, Uruguay Tunggu Irak Atau Korsel di Semifinal

Minggu, 7 Juli 2013 — 14:31 WIB
South Korean team celebrate after Uzbekistan's own goal during World Cup qualifying soccer match in Seoul

BURSA (Pos Kota) – Berkat gol tunggal Felipe Avenatti di babak tambahan waktu, Uruguay Muda berhasil melaju ke semifinal Piala Dunia U-20 dengan menggusur Spanyol 1-0 pada babak perempatfinal di Bursa Atatürk, Minggu (7/7) pagi WIB tadi. Dengan hasil itu, Uruguay kini akan bertemu pemenang antara Irak kontra Korea Selatan (Korsel) pada babak perempatfinal lainnya di Stadion Kadir Has Şehir, Minggu (7/7) malam WIB.

Duel Irak kontra Korsel menjadi salah satu sorotan sejumlah kalangan mengingat sejumlah kejutan yang dibuat kedua wakil Asia itu selama babak penyisihan grup. Artinya, ada gengsi yang tinggi bagi kedua tim untuk menjadi satu-satunya wakil Asia yang tersisa di Piala Dunia U-20 setelah sempat dipandang ‘sebelah mata’. Dengan alasan itu, Uruguay tentunya akan antusias melihat sepak terjang kedua tim lantaran akan bertemu dengan pemenang di laga ini pada partai semifinal.

Terlebih Uruguay butuh kerja keras untuk bisa  mengantongi tiket ke semifinal setelah bermain imbang tanpa gol selama 90 menit pertandingan di Bursa. Uruguay bahkan baru bisa memecah kebuntuan lewat gol Avenatti pada menit 130. Sejak saat itu, tidak ada lagi gol yang tercipta sehingga memastikan Uruguay melaju ke semifinal yang akan digelar Kamis (11/7) dinihari WIB mendatang. Hasil ini sendiri menjadi antiklimaks atas sukses skuad Spanyol senior di Piala Konfederasi.

Pada fase grup Piala Konfederasi Spanyol mampu mengalahkan Uruguay dengan skor 2-1. Namun kali ini Spanyol Muda harus takluk 0-1 dari Uruguay. Bagi pelatih Spanyol Muda, Julen Lopetegui kekalahan timnya di Piala Dunia U-20 sekaligus mengakhiri misi Matador Muda untuk mendominasi sepak bola di berbagai usia setelah sebelumnya sukses membawa Spanyol U-21 menjadi jawara di Kejuaraan Piala Eropa, beberapa waktu lalu.

(junius/sir)