Wednesday, 19 September 2018

Pawai Sambut Ramadhan Dengan Atraksi Debus

Minggu, 7 Juli 2013 — 21:48 WIB
iluspawai

SERANG (Pos Kota) – Siswa-siswi taman pendidikan Alquran (TPA) Al-Furqon, Al-Fath dan At-Thoyyibah, di Komplek Taman Lopang Indah (TLI), Kel. Lopang, Kec. Serang, Kota Serang, Minggu (7/7) sore, menggelar pawai bersama di dalam areal komplek Perumahan Taman Lopang Indah. Kegiatan yang digagas pengurus DKM dan TPA dalam menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1434 H juga ditampilkan atraksi debus, seni tradisional Banten oleh beberapa warga Komplek TLI.

H Yosep, panitia penyelenggara mengatakan, pawai bersama menyambut Puasa Ramadhan untuk memberikan motivasi kepada seluruh masyarakat tentang perlunya semangat agama kepada anak didik. Selain itu untuk membangun semangat ukhuwah Islamiyah kepada siswa anak didik, juga mengajak masyarakat untuk memakmurkan masjid.

“Kita sebagai umat Islam, tentunya selalu bergembira setiap akan hadirnya bulan Ramadhan. Sesuai tema, kami sebagai pengurus DKM mengajak masyarakat untuk memakmurkan masjid,” ungkap H Yosep.

Sementara Lurah Lopang, Samsuri mengatakan dirinya mengaku bangga dengan kegiataan menyambut Ramadhan yang digagas warga Komplek TLI ini. “Kegiatan ini perlu dijadikan contoh untuk warga lainnya. Selain untuk menciptakan kerukunan antar warga, juga mempererat tali silaturahmi,” tegas Samsuri.

Hafie Nurcahyo, 9, santri TPA Al-Furqon yang ikut dalam pawai bersama mengaku senang karena bisa bertemu dengan teman-teman dari TPA lainnya. “Saya senang karena bisa berkumpul dan bertemu dengan teman-teman dari TPA lainnya,” katanya dengan polos.

Kegiatan pawai dimulai dari pintu masuk komplek menuju 3 masjid di komplek TLI tempat para siswa-siswi ini menempa ilmu agama. Dengan berbusana muslim, para peserta pawai mengalunkan musik rebana dan menyanyi lagu-lagu islami. Dalam perjalanan pawai, warga juga mempertunjukan permainan debus. Selama pawai, para siswa didampingi pengurus DKM dan gurunya. (haryono)

Teks : Pawai Ramadhan di Serang