Wednesday, 21 August 2019

49 Ribu Siswa SD dan SMP di Bekasi Tidak Diterima di Negeri

Rabu, 10 Juli 2013 — 22:54 WIB
iluis49

BEKASI (Pos Kota) – Sekitar 49 ribu siswa lulusan SD dan SMP di Kota Bekasi, tidak lolos dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB) online 100 persen. Mereka dipersilakan mendaftar ke sekolah swasta, namun baru sekitar 20 persen yang mendaftar.

Data Dinas Pendidikan Kota Bekasi menyebutkan, lulusan Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) tahun ini di wilayah setempat mencapai 73 ribu lebih siswa.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi Encu Hermana mengatakan SMP Negeri di Kota Bekasi hanya mampu menampung 15.941 siswa baru. “Sedangkan jumlah lulusan SD yang bakal masuk SMP mencapai 41 ribu lebih. Bila dihitung, berarti, 26 ribu siswa baru akan belajar di sekolah swasta,” katanya.

Ada pun SMA/SMK negeri sederajat hanya mampu menampung 9 ribu siswa baru. Sementara, mereka yang mendaftar ada 32 ribu siswa lebih. “Artinya, 23 ribu siswa tereliminasi dan otomatis masuk sekolah swasta,” lanjut Encu.

Kepada para orangtua yang belum mendaftarkan anaknya, diharapkan segera mencari sekolah swasta karena tahun ajaran baru segera dimulai Senin (15/7). “Jangan berharap ada penerimaan tambahan di sekolah negeri karena Pemkot Bekasi benar-benar memberlakukan program online 100 persen,” tegas Encu.

Bagi siswa miskin yang tidak diterima di sekolah negeri, tidak usah cemas dengan mahalnya biaya sekolah swasta. “Bagi yang tidak mampu, kami menyediakan dana. Siswa miskin bisa gratis di sekolah swasta,” kata Encu. (Dieni)