Sunday, 21 July 2019

Jalur Sadang- Kalijati Rusak

Rabu, 10 Juli 2013 — 8:15 WIB
sadangjati107

PURWAKARTA (Pos Kota) – Jalan di sejumlah titik di jalur tengah Jawa Barat antara Sadang, Kabupaten Purwakarta hingga Kalijati, Kabupaten Subang masih buruk, bergelombang dan berlubang. Kondisi itu dipastikan tidak akan nyaman dilalui kendaraan pemudik Lebaran tahun ini.

Pantauan Pos Kota, di jalur provinsi ini kerusakan jalan terparah berada antara Kalijati (Subang) dan Sadang (Purwakarta). Banyak titik retakan dan lubang terlihat menganga membuat sejumlah kendaraan terantuk saat melintasinya. Sementara dari arah sebaliknya (Sadang-Kalijati) ruas jalan, terpantau kondisinya masih baik.

Akibat kerusakan tidak merata (hanya satu arah) ini, pengguna kendaraan harus menghindar dengan menyerobot jalur berlawanan. Sementara titik rusak di jalur tengah provinsi ini berada di daerah Campaka, Cibatu, dan Cipeundeuy. Terpantau pengendara yang melaju dari Sadang-Kalijati harus berjalan pelan. Kondisi itu terkadang membuat arus kendaraan tersendat. Ditambah dengan lalu lalang truk-truk pengangkut pasir yang setiap saatnya memanfaatkan jalur ini melaju pelan.

Kaur Bin-Ops Satlantas Polres Purwakarta Iptu Rullyanto Fahroen membenarkan buruknya infratruktur jalur tengah. Jajaranya berharap keadaan demikian dapat segera ditanggulangi sebelum memasuki agenda arus mudik.

Sebab dengan buruknya infratruktur tidak saja menghambat arus lalulintas namun juga membahayakan pengguna jalan.

“Kita sudah berkoordiansi dengan instansi terkait agar segera ada perbaikan. Untuk menanggulangi hal-hal yang tidak dinginkan saat mudik Lebaran tiba nanti, sebab buruknya infratruktur jalan dapat memicu kecelakaan lalulintas,”tandasnya.

Sekedar untuk diketahui, jalur tengah ini selalu menjadi pilihan pemudik Lebaran, terutama bagi pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi saat ruas Pantura mulai dari mulut Tol Cikopo-simpang Mutiara-simpang Jomin macet.

Dengan kata lain, melalui jalur tengah, para pemudik bisa memotong arah menuju Pantura via jalur alternatif Cipeundeuy-Pabuaran-Sarengseng sepanjang 17 kilometer atau lewat Kalijati-Purwadadi-Sukamandi sepanjang 22 kilometer menuju Subang atau sebaliknya. (dadan)

Teks : Jalur tengah menghubungkan Sadang-Kalijati kondisi rusak selain bergelombang juga didapati lobang menganga