Wednesday, 24 October 2018

DPR Minta Kemenkumham Evaluasi Seluruh Lapas

Jumat, 12 Juli 2013 — 18:39 WIB
al1

JAKARTA (Pos Kota) – Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Al Muzzammil Yusuf, menegaskan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) harus mengevaluasi secara menyeluruh terkait Lembaga Pemasyarakatan (LP) yang melebihi kapasitas atau over capacity. Ini bercermin dengan banyaknya narapidana kabur sat LP Tanjung Gusta Medan, Sumut , Kamis (11/7) terbakar. Lapas itu punya daya tampung 1054 tapi dihuni 2600 narapidana.

“Persoalan fasilitas bukan hanya di Medan, karena hampir semua Lapas over capacity, karena itu Kementerian Hukum dan HAM harus evaluasi secara menyeluruh,”kata Muzzammil di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (12/7).

Menurutnya, pihaknya tidak bisa memanggil Menteri Hukum dan HAM karena DPR selama bulan suci Ramadhan memasuki masa reses Untuk itu, komisi yang membidangi kasus hukum hanya akan meminta laporan dari menteri terkait kaburnya narapidana di LP Tanjung Gusta, Medan, Sumut.

“Kalau pihak LP bisa berkomunikasi dengan baik. Sejauh ini LP over capacity bisa diatasi, tetapi kita juga belum tahu keterangan pihak LP (kaburnya narapidana),” ucapnya

Diketahui, Lembaga Pemasyarakatan (LP) Tanjung Gusta rusuh dan lebih dari ratusan orang tahanan Tanjung Gusta Medan, termasuk juga tahanan teroris diduga melarikan diri, Kamis (11/7) sekira pukul 18.30 waktu setempat. Akibat Kerusuhan yang terjadi di lapas Klas I Tanjung Gusta, Medan, Sumut, aparat keamanan menetapkan Medan dalam keadaan Siaga 1.

Kerusuhan yang dipicu para napi di lapas ini menyebabkan terbakarnya bagian depan kantor LP Klas I Tanjung Gusta, Medan. Asap hitam pun menjulang tinggi.(prihandoko)